Pansel KPK Diminta Libatkan Pegawai untuk Jaring Calon Pimpinan Lembaga Antirasuah

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 11 Juni 2024 | 15:08 WIB
Gedung Merah Putih KPK. (BeritaNasional/Panji Septo).
Gedung Merah Putih KPK. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) lembaga antirasuah berkonsultasi untuk mendapat pimpinan terbaik. 

Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, konsultasi tersebut bisa dilakukan dengan bertanya kepada orang-orang atau pegawai di lingkungan lembaga antirasuah. 

"Bertanya lah ke KPK ya, baik pimpinan, dewas, dan para deputi lah kalau saya bilang, mewakili pegawai,” ujar Pahala di Gedung Merah Putih KPK dikutip Selasa (11/6/2024).

“Kenapa kita perlu ini? Karena, ini saya gini-gini udah dua kali nih, periode. Kayaknya yang tau kebutuhan KPK tuh antara lain ya pegawai KPK," imbuhnya.

Dirinya berharap pansel transparan dalam menyeleksi capim KPK. Ia juga meminta agar pansel capim KPK mencari yang terbaik.

"Jadi kalau emang bagus ya bagus lah dia, gitu kan. Ini kan pansel ini teknis sebenarnya, urusan nanti dari Istana ke DPR dipilih model apa kita enggak tahu,” tuturnya.

Pahala menegaskan pansel capim KPK harus benar-benar murni dan transparan dalam memilih tanpa melewati jalur titipan.

“Kalau assessment, assessment. Kalau score, score. Segala macem gitu ya. Jadi nggak ada titipan bahwa ini jalur ini harus ada wakil, jalur itu harus ada wakil, kira-kira gitu ya," kata dia.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: