Tak Cuma Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Turut Amankan Tiket Piala Asia 2027

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 12 Juni 2024 | 10:55 WIB
Timnas Indonesia vs Filipina. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Filipina. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona asia usai berada di peringkat kedua klasemen grup F. Selain itu, Merah Putih juga mengantongi tiket putaran final Piala Asia 2027.

Indonesia diketahui berada di posisi kedua alias runner up di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad asuhan Shin Tae-yong ini berhasil mengemas 10 poin dari enam pertandingan yang sudah dilakoni.

Dalam laga terakhir di grup F Indonesia berhasil mengalahkan Filipina  dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) malam. Gol Indonesia diciptakan oleh Thom Haye melalui sepakan jarak jauh dan sundulan Rizky Ridho.

Sehingga kemenangan ini mengantarkan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu, Indonesia juga berhasil memastikan akan berlaga di Piala Asia 2027 tanpa menjalani kualifikasi.

Sementara itu, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 18 negara. Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, 18 negara itu akan terbagi dalam tiga grup. Masing-masing grup akan dihuni enam tim.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan puas dengan penampilan anak asuhnya. Dia menyebut pertandingan malam ini tidak mudah bagi timnas Indonesia, apalagi pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama. 

"Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Shin Tae-yong.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: