Polda Ungkap Motif Pelaku Lakukan Pemerasan ke Ria Ricis karena Himpitan Ekonomi

Oleh: Mufit
Rabu, 12 Juni 2024 | 11:10 WIB
Ilustrasi pelaku. (Foto/Freepik).
Ilustrasi pelaku. (Foto/Freepik).

BeritaNasional.com - Polda Metro Jaya berhasil menangkap AP pelaku pemerasan terhadap YouTuber Ria Ricis.  AP ditangkap di kawasan Cipayung, Jakarta Timur pada, Selasa (11/6/2024) dini hari.

Dalam penangkapan itu polisi menyita beberapa barang bukti, yaitu 1 unit Hp merk OPPO A5 warna hitam yang digunakan AP untuk melakukan pengancaman, serta dua buah SIM Card. Polisi juga menyita tiga akun medsos dan tiga email milik AP. 

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pelaku melakukan pemerasan karena motif ekonomi. 

''Sementara itu motifnya karena himpitan ekonomi," kata Ade Safri kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Kendati begitu, Ade Safri mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus pemerasan tersebut. Ade berjanji bakal menjelaskan lebih detail mengenai hubungan tersangka dan Ria Ricis.

"AP dibawa ke Mako Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut atas dugaan tindak pidana yang terjadi," ujarnya. 

Sebelumnya, Ria Ricis menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait laporan ancaman pemerasan terhadap dirinya. 

"Hari ini saya melakukan pemeriksaan lanjutan terkait adanya pemerasan dan ancaman menggunakan data pribadi," ujar Ricis kepada wartawan, di Polda Metro Jaya, Jakarta Senin (10/6/2024).

Ricis mengaku, merasa dirugikan dan terancam usai seseorang bernama Jacky meminta dirinya untuk mengirimkan Rp300 juta. Tak hanya itu, dia mengatakan keluarga dan tim manajemennya juga mendapatkan ancaman .

"Bukan ke saya saja, tapi ada di beberapa pihak kayak tim manajemen bahkan keluarga bahkan orang-orang terdekat juga jadi kena imbas nya. Saya berharap tim penyidik bisa menemukan pelaku nya di Polda Metro Jaya Siber ini," kata dia.

"Karena memang penggunaan medsos sekarang sudah semakin melebar ya. Kita takutnya disalahgunakan," sambung mantan istri Teuku Riyan itu. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, dalam pemeriksaan ini pihaknya juga turut membawa sejumlah bukti yang diserahkan. Dia mengatakan bakal menyerahkan kasus ini ke penyidik Polda Metro Jaya.

"Kami serahkan kepada Polda Metro Jaya dengan berharap pelaku segera terungkap karena kami merasa terancam," tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: