Fokus Cari Dukungan Partai, Anies Belum Kepikiran untuk Duet Bareng Kaesang

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 13 Juni 2024 | 17:24 WIB
Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Anies Baswedan enggan memusingkan duet dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta. Setelah mendapatkan rekomendasi PKB, Anies fokus mengamankan tiket untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta.

"Sekarang ini, kita memikirkan bagaimana agar tidak PKB sendirian. Tetapi bisa bersama-sama dengan partai yang lain. Karena tidak mungkin sendirian bukan," kata Anies di kantor DPW PKB Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Anies mengatakan, urusan calon wakil gubernur dibicarakan belakangan setelah koalisi terbentuk. Fokusnya sekarang mencari dukungan partai politik.

"Jadi urutannya begitu dulu, setelah urutan itu selesai baru kita bicarakan pasangan," katanya.

Soal peluang berduet dengan Kaesang, Anies menanggapi secara normatif. Ia mengatakan semua warga negara memiliki prinsip hak sama untuk dipilih.

"Saya bisa katakan secara prinsip negeri ini menganut prinsip itu, semua punya kesetaraan kesempatan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengaku tidak masalah bila dipasangkan sebagai calon wakil gubernur Jakarta mendampingi Anies Baswedan. 

Hal itu menanggapi usulan DPW PKB Jakarta yang mengusulkan Anies Baswedan dipasangkan dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

"Ya enggak masalah, saya kira itu juga baik," kata Kaesang di DPP PSI, Jakarta, Rabu (11/6/2024).

Kaesang menuturkan, berdasarkan survei elektabilitas, Anies paling tinggi sebagai calon gubernur. Karena itu, ia merasa tidak masalah untuk dipasangkan dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Dan kita lihat juga pak Anies juga kalau kita lihat surveinya sekarang yang paling tinggi jadi saya enggak masalah juga kalau nanti akan dipasangkan," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: