Puja-puji Kaesang ke Anies Baswedan Jelang Pilgub 2024, Siap untuk Berpasangan?

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 15 Juni 2024 | 11:42 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Wacana Anies Baswedan untuk berpasangan dengan Kaesang sebagai bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 menguat. Kedua tokoh tersebut pun menyambut baik, bahkan partai politik juga sedang memperhitungkan duet Anies-Kaesang.

Wacana ini mulai dari pernyataan Kaesang Pangarep yang memilih Anies Baswedan untuk berduet di Pilgub Jakarta 2024 bersama dengan Anies Baswedan.

“Kalau disuruh pilih, pilih Jakarta. Mungkin duet sama Pak Anies kali ya,” ujar Kaesang sebagaimana dikutip dari YouTube GK Hebat.

Anies kemudian memberikan respons positif terkait pernyataan Kaesang. Dia menyatakan akan buka komunikasi dengan Kaesang.

"Kalau saya ini kan diskusi dengan semuanya ya, justru dengan semua aja," katanya.

PKB Usulkan Kaesang Jadi Bacawagub Anies

DPW PKB DKI mengungkapkan bahwa partainya telah menjalin komunikasi dengan PSI terkait Pilkada Jakarta 2024.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, mengatakan bahwa pihaknya telah mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur.

Oleh karena itu, ia membuka peluang bagi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, untuk menjadi bakal calon wakil gubernur Jakarta mendampingi Anies.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun. Siapapun kita terbuka termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbi di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024).

Usulan ini juga langsung direspons oleh Kaesang. Ia mengaku tidak masalah bila dipasangkan sebagai calon wakil gubernur Jakarta mendampingi Anies Baswedan. 

"Ya enggak masalah, saya kira itu juga baik," kata Kaesang di DPP PSI, Jakarta, Rabu (11/6/2024).

Kaesang menuturkan, berdasarkan survei elektabilitas, Anies paling tinggi sebagai calon gubernur. Karena itu, ia merasa tidak masalah untuk dipasangkan dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Dan kita lihat juga pak Anies juga kalau kita lihat surveinya sekarang yang paling tinggi jadi saya enggak masalah juga kalau nanti akan dipasangkan dengan mas Anies," katanya.

Anies Rela Turun Level Jadi Cagub

Anies Baswedan mengungkap alasan mau 'turun level' dari calon presiden di Pilpres 2024, kembali maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024. Anies mengatakan, pemilihan presiden merupakan sebuah kompetisi, setelah ada penetapan maka prosesnya sudah selesai. 

Lalu, ia kembali sedia kala pada posisi seperti sebelum menjadi calon presiden. Sementara, rekomendasi menjadi calon gubernur Jakarta merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.

"Jadi setiap tanggung jawab yang diberikan ada tanggung jawab kepercayaan. Jadi saya sampaikan bahwa proses pemilihan presiden adalah sebuah kompetisi. Ada awal dan akhir. Saya hadir di awal ketika penetapan calon dan hadir di akhir saat penetapan hasil," kata Anies di kantor DPW PKB Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Puja-puji Kaesang ke Anies

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memuji Anies sebagai sosok yang hebat. Bahkan, Kaesang mengaku suka menonton acara Desak Anies ketika kampanye Pilpres 2024 lalu.

Hal itu disampaikan Kaesang ketika menjawab lebih memilih mendampingi Anies Baswedan atau Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta.

"Semuanya orang hebat Pak Anies kan kemarin juga salah satu capres juga saya suka nonton dulu Desak Anies itu juga bagus," kata Kaesang di Cempaka Putih, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Kaesang menilai, memilih Anies merupakan pilihan realistis. Karena elektabilitas Anies lebih tinggi daripada Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta.

"Ini kan saya belum bisa, saya kan juga belum dicalonkan juga dan kalau misalnya melihat survei ya paling realistis dengan pak Anies," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: