Jokowi dan Ma'ruf Beri Sapi ke Masjid Istiqlal, Beratnya Capai 1 Ton

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 16 Juni 2024 | 15:41 WIB
Sapi kurban Jokowi dan Ma'ruf. (Foto/Setkab)
Sapi kurban Jokowi dan Ma'ruf. (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sapi kurban ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kedua sapi tersebut diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, pada Jumat (14/6/2024) lalu.

Sapi yang diberikan oleh Jokowi merupakan jenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara itu, sapi dari Ma'ruf Amin adalah jenis Limosin dengan berat mencapai 1.164 kilogram.

Penyerahan sapi dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI, Sony Kartiko, dan Plh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Wakil Presiden RI, Purno Wiyanto.

"Kami serahkan sapi bantuan kemasyarakatan presiden ini kepada Istiqlal, kiranya juga dapat dilakukan pengelolaan termasuk penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat," kata Sony, dikutip pada Minggu (16/6/2024).

"Kami harapkan bantuan kemasyarakatan presiden ini dapat memberi kebermanfaatan bagi masyarakat," tambahnya.

Sony menjelaskan bahwa pengadaan sapi kurban ini dibantu oleh Kementerian Pertanian Dinas Peternakan dan Kementerian Agama.

"Alhamdulillah, dengan serangkaian uji klinis dan laboratorium, hasilnya adalah sapi yang kami serahkan hari ini sudah memenuhi syarat kesehatan dan syariat Islam," ujar Sony.

Senada dengan kondisi kesehatan sapi Presiden, Purno juga menjelaskan bahwa hewan kurban dari Ma'ruf sudah lulus pemeriksaan fisik dan mendalam sehingga hewan kurban dalam keadaan baik dan sehat untuk disembelih pada waktunya.

"Alhamdulillah, sesuai dengan kaidah pengadaan hewan kurban, kami sudah mendapat rekomendasi untuk surat keterangan sehat dari Dinas Peternakan setempat serta pemeriksaan fisik dan mendalam sehingga, Insya Allah, hewan kurban dalam keadaan baik dan sehat untuk disembelih pada waktunya," kata Purno.

Sebagai informasi, penyembelihan hewan kurban akan diselenggarakan di Rumah Potong Hewan Masjid Istiqlal pada Selasa (18/6/2024), bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1445 H, dan akan didistribusikan kepada masyarakat melalui perwakilan yayasan, lembaga, masjid, dan mushola yang sebelumnya sudah mengajukan proposal dan diverifikasi oleh pihak panitia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: