RK-Kaesang Bakal Jadi Pesaing Kuat Anies Baswedan di Pilkada 2024

Oleh: Panji Septo R
Senin, 17 Juni 2024 | 12:10 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Lidya)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Lidya)

BeritaNasional.com -  Pengamat Politik, Lucius Karus, memprediksi eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketum PSI Kaesang Pangarep berpotensi menjadi pesaing kuat eks Capres Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya kira mungkin saja (RK-Kaesang) sekadar sebagai pesaing (Anies)," ujar Lucius kepada Beritanasional.com, Senin (17/6/2024).

Menurut Lucius, sulit menentukan kemenangan dalam persaingan RK-Kaesang dan Anies di Jakarta. Meski demikian, ia menilai RK cukup mumpuni guna mengimbangi Anies.

"Kan belum pasti menang, toh? Namun, RK-Kaesang jelas akan menjadi pesaing yang mumpuni karena dukungan mesin partai politik," tuturnya.

Lucius mengatakan Anies punya peluang mengungguli RK-Kaesang. Akan tetapi, hal tersebut tak bisa dipastikan lantaran Pilkada Jakarta sering kali memunculkan kejutan.

"Walaupun Anis punya cukup basis massa yang menjadi pendukungnya, tetapi kontestasi di era pragmatis ini selalu mungkin memunculkan kejutan," kata dia.

Sebelumnya, Kaesang mengaku siap dipasangkan dengan Anies Baswedan ataupun Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

"Kalau saya ditanya siap atau tidak ya harus siap," kata Kaesang kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Kaesang berujar, ia tidak masalah jika harus berduet dengan kedua orang itu.

Bahkan, ia mengaku tidak perlu meminta izin dari sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Siap juga. Saya balik lagi namanya politik, kita tidak masalah kok dengan siapapun," ujar Kaesang."sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: