Ma'ruf Amin Serahkan Sapi Kurban ke Istiqlal, Beratnya Capai 1.164 Kilogram

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 17 Juni 2024 | 10:06 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto/Lidya)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto/Lidya)

BeritaNasional.com -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin secara resmi menyerahkan sapi kurban untuk Masjid Istiqlal pada Senin (17/6/2024).

Penyerahan itu diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di halaman Masjid Istiqlal setelah salat Idul Adha 1445 H.

"Menjadi tradisi setiap tahun presiden dan wakil presiden memberikan kurban di beberapa tempat, terutama di Masjid Istiqlal," kata Ma'ruf usai menyerahkan kurbannya.

Ma'ruf pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban. Sebab, tahun ini Istiqlal menerima 12 ekor kambing dan 50 ekor sapi.

"Di Masjid Istiqlal setiap tahun terus menyembelih kurban, dan tahun ini cukup banyak ya, ada 50 sapi dan kambing," ujar Ma'ruf.

"Ini merupakan sunnahnya Nabi Ibrahim supaya setiap tahun kita mengeluarkan kurban untuk kepentingan orang fakir dan miskin," tambahnya.

Sebagai informasi, sapi yang diberikan Presiden Jokowi merupakan jenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara sapi dari Ma'ruf Amin berjenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram.

Selain di Masjid Istiqlal, Ma'ruf juga berkurban di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, Masjid Al Jihad Tanjung Priok, serta beberapa masjid lain dan pondok pesantren di berbagai daerah.

Tidak hanya itu, Wapres juga mempercayakan hewan kurbannya kepada Majelis Ulama Indonesia, serta ormas Islam lain seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Adapun sapi yang dikurbankan Wapres berjenis Limosin, Simental, dan juga sapi lokal alias peranakan Ongole.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: