Ini Pesan Ma'ruf Amin di Hari Raya Idul Adha: Tingkatkan Jiwa Pengorbanan

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 17 Juni 2024 | 09:57 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto/Lidya)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto/Lidya)

BeritaNasional.com -  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Adha 1445 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (17/06/2024).

Wapres dan Ibu Wury tiba di Istiqlal sekitar pukul 06.30 WIB dan langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sebelum menunaikan salat Idul Adha, Ma'ruf terlihat melaksanakan salat sunnah Tahiyatul Masjid terlebih dahulu dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah yang lain.

Sebagai informasi, Martomo Malaing menjadi imam pada salat Id yang dimulai pukul 07.00 WIB ini. Sementara itu, khotbah Idul Adha disampaikan oleh Amin Suyitno dengan tema 'Semangat Idul Adha Hadirkan Cinta dan Kepedulian Sosial.'

Usai melaksanakan salat dan mendengarkan khotbah Idul Adha, Ma'ruf menuju ke halaman masjid untuk menyerahkan secara langsung seekor sapi kurban kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sapi tersebut akan disembelih oleh Panitia Kurban Masjid Istiqlal dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat pada Selasa (18/6/2024).

Ma'ruf berpesan, perayaan Idul Adha tidak boleh hanya dilihat sebagai ritual ibadah semata, melainkan juga menjadi momen refleksi ajaran dan keteladanan para nabi dan rasul, khususnya Nabi Ibrahim dan Ismail.

“Hikmah Idul Adha juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan dengan saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia,” kata Ma'ruf.

Selain itu, Wapres juga mengajak umat Islam agar menjadikan momen Idul Adha untuk menyuarakan pesan kebajikan dan membantu sesama.

“Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, dengan semangat Idul Adha ini untuk meningkatkan jiwa pengorbanan dengan senantiasa bergotong-royong dan saling membantu antarsesama, serta terus mengedepankan kepentingan bersama, dan saling menguatkan antarsesama dalam setiap keadaan,” ucap Ma'ruf.

Selain Ma'ruf, tampak beberapa pejabat turut melaksanakan salat di Masjid Istiqlal, di antaranya Mantan Wapres Jusuf Kalla, Hakim MK Arsul Sani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, serta sejumlah Duta Besar negara sahabat.

Sementara di shaf perempuan, juga tampak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: