2 Jemaah Haji dari Embarkasi Banjarmasin Meninggal Dunia saat Ibadah di Mina

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 18 Juni 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi Haji 2024. (Foto/Freepik)
Ilustrasi Haji 2024. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Dua jemaah haji dari Provinsi Kalimantan Selatan dikabarkan meninggal dunia saat menjalankan ibadah di Mina, Arab Saudi, sehingga total jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang meninggal menjadi empat orang.

Menurut H. Muhammad Tambrin Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, dua jemaah haji yang wafat di Mina adalah H. Supian Suri Syarkawi (57) dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hj. Restina Ahmadsyah Aun (57) dari Kabupaten Tapin.

H. Supian yang berangkat dengan Kloter 14 Embarkasi Banjarmasin, meninggal pada Minggu, 16 Juni di Mina pada pukul 06.00 WAS, diduga akibat serangan jantung atau cardiac arrest. Sedangkan Hj. Restina, yang berangkat dengan Kloter 15, wafat di Mina pada Senin, 17 Juni sekitar pukul 11.00 WAS, diduga karena shock cardiogenic.

"Keduanya wafat setelah melaksanakan rukun haji wukuf di Arafah," kata Tambrin, dikutip dari Antara. Sebelum melanjutkan ibadah mabit dan melontar jumrah di Mina, keduanya meninggal sebagai syuhada haji.

"Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam. Semoga ibadah haji keduanya diterima oleh Allah SWT, termasuk juga dua jemaah haji lainnya yang lebih dulu wafat di Tanah Suci," ujarnya.

Dua jemaah haji lainnya yang lebih dulu wafat adalah Sirun Mucheri Sarkawi (79) dari Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, yang berangkat dengan Kloter 7 dan wafat pada 8 Juni 2024 di RS Mekah sekitar pukul 13.14 WAS akibat infeksi paru dan gangguan jantung. Kemudian, Hidayatussibyan (50) dari Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, yang berangkat dengan Kloter 18, wafat pada 14 Juni 2024 di RS Arafah sekitar pukul 18.15 WAS akibat shock cardiogenic, gagal jantung, hipertensi, dan diabetes mellitus non-insulin.

Tambrin berharap agar seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan mendoakan jemaah haji yang sedang menjalankan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Pada musim haji 2024, Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.759 calon haji yang didampingi oleh 37 petugas haji dan 56 petugas kesehatan. Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan calon jemaah haji dari dua provinsi, yaitu 4.071 calon haji dari Kalimantan Selatan dengan 14 kloter dan 1.688 calon haji dengan lima kloter.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: