Puncak Arus Balik Idul Adha Hari Ini: 38 Ribu Penumpang Akan Tiba di Jakarta

Oleh: Mufit
Selasa, 18 Juni 2024 | 09:42 WIB
Stasiun Pasar Senen. (Foto/Mufit)
Stasiun Pasar Senen. (Foto/Mufit)

BeritaNasional.com -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero memprediksi puncak arus balik libur Lebaran Idul Adha akan terjadi hari ini, Selasa (18/6/2024).

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mencatat sebanyak 38 ribu penumpang KAI jarak jauh akan tiba di Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen-Gambir.

"Kalau catatan kita akan terjadi hari ini (Puncak arus balik libur Idul Adha) diperiksa 38.000 penumpang menuju Jakarta," kata Ixfan dihubungi beritanasional.com, Selasa (18/6/2024).

Sementara itu, penumpang yang tiba di Jakarta pada hari Senin (17/6/2024) sudah lebih tinggi dibandingkan keberangkatan, yaitu 25.600 penumpang turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta.

"Untuk hari Senin, ada 25.600 penumpang sudah tiba di Jakarta. Tapi angka keberangkatan lebih tinggi di dua Stasiun Daop 1 Jakarta, yaitu Gambir dan Senen," ujarnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat jumlah tiket kereta api (KA) jarak jauh mencapai 940.738 untuk libur panjang Idul Adha 2024. Okupansi penumpang mencapai 101,90 persen.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menuturkan, okupansi penumpang dihitung berdasarkan dinamisnya penumpang.

Dia mencontohkan penumpang yang naik dari Gambir dan turun di Semarang, kemudian dilanjutkan dari Semarang menuju Surabaya, sehingga satu tempat duduk akan terjual 2 tiket.

“Okupansi penumpang 101,90 persen. Ada angka penumpang dinamis, sebagai contoh KA Argo Anggrek relasi Gambir-Surabaya, ada penumpang yang naik dari Gambir turun di Semarang, lalu dilanjutkan ada penumpang naik dari Semarang menuju Surabaya,” ujar Joni dalam keterangannya, Minggu (16/6/2024).

Pada periode libur panjang tersebut, KAI mengoperasikan 1.849 perjalanan kereta api atau rata-rata 370 perjalanan KA per hari.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Idul Adha, KAI mengoperasikan 30 KA tambahan ke berbagai relasi di Pulau Jawa. Adapun relasi favorit para pelanggan adalah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Malang pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, Blitar-Bandung pp, dan relasi lainnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: