IM57 Institute Sebut Harun Masiku Bisa Ditangkap setelah Pimpinan KPK Diganti

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 19 Juni 2024 | 13:45 WIB
Salah satu pimpinan KPK, Alex Marwata. (BeritaNasional/Elvis)
Salah satu pimpinan KPK, Alex Marwata. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Ketua IM57+ Institute Praswad Nugraha menduga eks calon legislatif (caleg) PDIP Harun Masiku yang sedang buron tidak akan tertangkap dalam waktu dekat.

Menurut dia, penangkapan buron tersebut bisa terjadi apabila lembaga antirasuah ini sudah mengganti para pimpinan pada periode yang akan datang.

"Harun Masiku tidak akan tertangkap kecuali adanya pergantian kepemimpinan KPK," ujar Praswad kepada Beritanasional.com pada Rabu (19/6/2024).

Eks penyidik KPK tersebut menduga para pimpinan lembaga antirasuah tidak berhenti menghalangi penangkapan buron yang tak teridentifikasi selama empat tahun itu.

"Apabila Harun Masiku ingin betul-betul ditangkap, maka langkah pertama adalah memberhentikan pimpinan KPK saat ini," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alex Marwata percaya diri penyidik KPK bisa menangkap Harun Masiku dalam waktu satu pekan karena lembaga antirasuah sudah mengetahui lokasinya.

"Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan," kata Alex di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Alex memastikan penyidik KPK sudah mengantongi lokasi Harun Masiku. Meski demikian, dirinya tidak mengungkap di mana posisinya saat ini.

 

"Saya pikir sudah penyidik," katanya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: