Puncak Haji Sudah Lewat, Menag Yaqut Langsung Lakukan Evaluasi

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 19 Juni 2024 | 14:14 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag)

BeritaNasional.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bakal mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji setelah masa puncak haji.

"Semua kami akan evaluasi. Tidak ada yang tidak kami evaluasi demi perbaikan layanan jemaah, itu poinnya," ujarnya saat ditemui seusai melontar jumrah di Jamarat pada Selasa (18/6/2024) yang dikutip dari laman Kemenag.

Yaqut menegaskan semua pelayanan yang diberikan pemerintah tetap harus dievaluasi meski jemaah haji Indonesia merasa puas.

"Apa pun harus dievaluasi. Evaluasi itu harus berbasis data. Termasuk AC mati, di mana AC mati. Kami segera evaluasi," tegasnya.

Yaqut menuturkan evaluasi ini juga dilakukan secara kontinyu di lapangan. Misalnya, adanya aduan soal jemaah dari embarkasi KNO yang tidak mendapatkan tenda. 

"Kami langsung eksekusi. Kami mintakan pada mashariq untuk tenda mereka. Kami baru menggusur tendanya perusahaan mashariq untuk dipakai oleh jemaah kami. Alhamdulillah bisa," tuturnya.


Yaqut juga menampung kritik dan masukan yang ditujukan kepada Kemenag agar mendapatkan evaluasi yang lebih lengkap.

"Kami senang ada pengawasan, ada masukan, ada kritik, ada saran. Saya kira ujungnya adalah bagaimana jemaah merasakan kepuasan layanan dari pemerintah, jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan nyaman dan tenang, pulang dengan membawa predikat haji mabrur," tuturnya.

Diketahui, saat ini, jemaah yang mengambil nafar awal secara berangsur mulai meninggalkan Mina dan kembali ke Makkah. Dilanjutkan oleh para jemaah nafar tsani kembali ke Makkah.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: