Anies-Sohibul Dideklarasikan Berpasangan di Pilgub Jakarta, Gerindra: Belum Definitif

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 26 Juni 2024 | 17:15 WIB
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman merespons santai pasangan calon gubernur (cagub) Anies Baswedan dan Sohibul Iman diumumkan PKS.

Meski sudah dideklarasikan, pasangan ini dinilai belum definitif karena PKS belum mencukupi kursi untuk tiket pencalonan gubernur.

"Kami enggak mau berandai-andai ya karena kan memang sebetulnya deklarasi PKS kemarin kan belum memenuhi kuota untuk pencalonan sehingga belum hitung sebagai paslon yang definitif Pak Anies dan Sohibul ya," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/7/2024).

Menurut Habiburokhman, dinamika politik Pilkada Jakarta hari ini masih sulit dipetakan karena belum ada yang definitif.

"Jadi, sulit kalau untuk memetakan apakah akan ada partai lain yang bergabung atau tidak," katanya.

Sementara itu, Gerindra untuk Pilkada Jakarta terus membuka komunikasi. Terutama dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Komunikasi dengan partai di KIM terus intensif karena mengejar waktu sebelum pendaftaran.

"Partai Gerindra untuk Jakarta, kami berupaya maksimal membangun komunikasi, terutama dengan partai KIM dan partai-partai di luarnya. Kami intensifkan karena waktunya semakin dekat ya ini enggak bisa berlama-lama juga seperti ini harus segera muncul nama," kata Habiburokhman.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengumumkan mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

Keputusan itu diambil melalui rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada Kamis (20/6/2024).

"DPTP baik PKS pada rapat Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya?" ujar Syaikhu dalam acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Syaikhu mengatakan nama pasangan ini sudah ada yang menyebut singkatannya sebagai Aman. 

"Kami meyakini pasangan Anies Sohibul Iman ada yang sudah mereka-reka (menyebut) juga singkatannya, Aman katanya. Nanti terserah lah," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: