Idrus Marham Sebut Ridwan Kamil Sosok yang Kompetitif sebagai Calon Gubernur Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 26 Juni 2024 | 16:54 WIB
Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Ketua Dewan Pembina Bappilu Golkar Idrus Marham mengungkap, nama Ridwan Kamil cenderung diunggulkan menjadi calon gubernur Jakarta daripada dua nama kader partai yang diberikan surat tugas. Selain Ridwan Kamil, Golkar juga memberikan surat tugas kepada Erwin Aksa dan Ahmed Zaki Iskandar.

"Golkar dari awal itu hanya ada tiga. Pertama RK, kemudian juga muncul Erwin setelah menang di Dapil berapa itu di Jakarta Barat ini. Kemudian juga saudara Zaki sebagai Ketua DPD Golkar Jakarta," kata Idrus di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (26/6/2024).

"Nah tetapi kompetitifnya itu tidak begitu kuat, ya memang yang lebih kuat adalah RK kalau kita melihat ke sana," sambungnya.

Sementara, Golkar masih melakukan survei internal sebelum menentukan siapa yang akan diusung di Jakarta. Selain itu, Golkar masih melihat dinamika politik yang ada.

Menurut Idrus, bisa terjadi hal-hal yang tidak terduga sampai detik-detik menjelang pendaftaran calon gubernur.

"Sekali lagi dalam dunia politik praktis itu kadang-kadang terjadi peristiwa-peristiwa politik yang sama sekali tak terduga sebelumnya kenapa? karena fakta-fakta tidak ada yang menjelaskan itu kan masalah di kita tiba-tiba muncul," katanya.

Ditambah, dinamika politik terus berjalan. Belum ada partai yang sudah definitif mengusung calon gubernur. Saat ini yang terjadi adalah PKS mengumumkan duet Anies Baswedan dan Sohibul Iman. Tetapi PKS tanpa koalisi belum bisa punya tiket mencalonkan.

Sementara, partai di luar Koalisi Indonesia Maju, seperti PDIP, PKB dan NasDem belum menentukan jagoannya.

"Artinya dinamika-dinamika yang ada ini masih tetap berjalan seperti yang kita saksikan bersama, dan di dalam dunia politik praktis," ujar Idrus.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: