Inilah Rekor-rekor yang Tercipta Sepanjang Babak Penyisihan Grup Euro 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 28 Juni 2024 | 15:00 WIB
Mega bintang Cristiano Ronaldo telah membela Timnas Portugal di enam edisi Euro. (Foto/UEFA)
Mega bintang Cristiano Ronaldo telah membela Timnas Portugal di enam edisi Euro. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Babak penyisihan grup Euro 2024 yang begitu mendebarkan telah berakhir, apalagi penentuan siapa saja yang melangkah lebih jauh ke 16 besar.

Ada hal menarik lainnya yang bisa dikulik dari perjalanan babak penyisihan grup ini. Tercipta sejumlah rekor-rekor yang terpecahkan, mulai pemain dan pelatih termuda hingga gol tercepat di pergelaran sepak bola terbesar empat tahunan di Eropa ini.

Dilansir dari situs UEFA.com, berikut ulasan sejumlah rekor yang paling terkenal.

1. Lamine Yamal, pemain termuda sepanjang Euro, 16 tahun 338 hari

Pemain muda berbakat Spanyol Lamine Yamal membuat sejarah dengan menjadi pesepak bola termuda yang tampil di putaran final Euro ketika menjadi starter dalam kemenangan 3-0 Spanyol melawan Kroasia di grup B. 

Rekor sebelumnya dipegang oleh pemain Polandia Kacper Kozłowski yang berusia 17 tahun 246 hari saat bermain imbang 1-1 melawan Spanyol di Euro 2020. 

Namun, Yamal dengan nyaman mengalahkannya. Turun ke lapangan di Berlin pada usia 16 tahun 338 hari, dia mendapatkan assist untuk menutup hari istimewa tersebut.

“Dia terus memecahkan rekor. Dia perlu terus berkembang dan saya yakin suatu hari nanti dia akan menjadi salah satu yang terbaik,” kata pelatih Luis de la Fuente.

2. Julian Nagelsmann, pelatih termuda, 36 tahun 327 hari

Julian Nagelsmann sangat menikmati pertandingan pertama final Euro. Timnas Jerman tidak hanya mengalahkan Skotlandia 5-1 di kandang sendiri di Munchen. Namun, mantan pelatih Leipzig dan Bayern Munchen itu mencetak rekor pribadi dengan menjadi orang termuda yang memimpin suatu negara di turnamen ini pada usia 36 tahun 327 hari.

Dia mengalahkan mantan pelatih Slovenia Srečko Katanec hanya dalam waktu enam hari. "Tim memberi saya banyak energi, sangat menyenangkan dengan pemain-pemain ini," kata Nagelsmann pasca pertandingan melawan Skotlandia.

3. Dominik Szoboszlai, kapten termuda, 23 tahun 243 hari

Tidak perlu usia yang sangat tua untuk menjadi pemimpin yang hebat. Dominik Szoboszlai membuktikan diri menjadi kapten Timnas Hungaria dalam pertandingan pertama melawan Swiss pada usia 23 tahun 243 hari. 

Dengan demikian, dia memecahkan rekor milik Giuseppe Bergomi, yaitu 24 tahun 171 hari, saat menjadi kapten Italia melawan Jerman pada 1988. 

"Saya pikir saya lebih banyak berubah sebagai pribadi daripada sebagai pemain. Saya mencoba menjadi panutan dan membantu apa pun yang dibutuhkan pemain lain," kata Szoboszlai menjelang pertandingan babak penyisihan grup.

4. Luka Modrić, pencetak gol tertua, 38 tahun 289 hari

Kapten Timnas Kroasia Luka Modrić mencetak gol ke gawang Italia untuk membawa timnya unggul beberapa saat setelah gagal mengeksekusi penalti. 

Meskipun Azzurri akhirnya berhasil menyamakan kedudukan, gol tersebut selalu menjadi spesial bagi Modrić. Sebab, pemain berposisi gelandang ini memecahkan rekor mantan penyerang Austria Ivica Vastić untuk menjadi pencetak gol di usia tertua pada perhelatan Euro dalam usia 38 tahun 289 hari.

Timnas yang dibela pemain Real Madrid ini pada akhirnya tidak berhasil lolos ke fase sistem gugur.

"Saya ingin terus bermain selamanya, tetapi mungkin akan tiba saatnya saya harus gantung sepatu," tuturnya.

5. Pepe, pemain tertua yang pernah ada, 41 tahun 117 hari

Di sisi lain, hampir 25 tahun lebih tua dari Yamal, bek veteran Portugal Pepe menjadi pemain tertua di putaran final EURO saat timnya menang 2-1 atas Republik Ceko di grup F.

Sebuah rekor yang kemudian dikalahkan saat melawan Turki di usianya 41 tahun 117 hari.

Bek tengah Porto ini telah menjadi pencetak gol tertua di Liga Champions musim lalu, dan menambah rekor lain dalam daftarnya setelah bermain pada usia 41 tahun 113 hari dalam kemenangan melawan Ceko. 

Pemain tertua sebelumnya, kiper Hungaria Gábor Király berusia 40 tahun 86 hari saat menghadapi Belgia di babak 16 besar. 

"Selamat kepada Pepe menjadi pemain tertua sepanjang sejarah kejuaraan Eropa! Rasa hormat yang besar dan semoga sukses!" kata Király menulis di media sosialnya. 

6. Cristiano Ronaldo, pemain yang berlaga di 6 edisi Euro

Modrić dari Kroasia bergabung dengan Cristiano Ronaldo dan kemudian Pepe untuk menjadi salah satu dari sedikit pemain yang tampil di lima turnamen final euro saat ia bermain dalam kekalahan 3-0 negaranya dari Spanyol di Berlin. 

Namun, tiga hari kemudian, Ronaldo melampauinya, turun ke lapangan di Euro keenam yang berbeda. 

Yang pertama terjadi pada 2004. Ronaldo juga telah memperpanjang rekornya sebagai pemain yang paling banyak tampil di pertandingan turnamen tersebut menjadi total 28, tetapi belum melampaui rekor 14 golnya di kompetisi tersebut. 

"Saya bangga menjadi pemain pertama yang bermain di enam turnamen EURO. Saya sangat gembira tentang hal itu, karena hal itu menunjukkan umur panjang karier sepak bola saya," tuturnya.

7. Nedim Bajrami, gol tercepat Euro, 23 detik

Suporter baru saja mengambil tempat duduk mereka ketika pemain sayap Nedim Bajrami memberi Albania keunggulan menakjubkan di pertandingan pertama Euro kedua mereka melawan Italia. 

Bola diluncurkan jauh ke dalam area pertahanan Azzurri sejak kick-off dan setelah memenangkan lemparan ke dalam, Bajrami memanfaatkan umpan balik untuk membuat timnya unggul. 

Italia memang bangkit dari ketertinggalan untuk menang. Namun, ini adalah momen yang tidak akan pernah dilupakan Bajrami. Pemain Sassuolo ini memecahkan rekor gol tercepat sebelumnya milik pemain Rusia Dmitri Kirichenko yang membawa timnya unggul melawan Yunani pada 2004 setelah 1 menit 7 detik. 

“Mencetak gol untuk Albania di Euro adalah mimpi bagi saya. Saya memimpikan hal ini saat masih kecil dan bekerja keras untuk mewujudkannya," kata Bajrami. 

Prestasi Penting Lainnya

Jerman menjadi tim pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan pembuka sejak yang pertama dalam sejarah Euro pada 1960 ketika Yugoslavia mengalahkan Prancis 5-4. 

Kemenangan 5-1 Die Mannschaft melawan Skotlandia juga merupakan kemenangan terbesar yang pernah ada dalam pertandingan pembuka di EURO.

Arda Güler dari Turki menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di Euro saat ia mencetak gol melawan Georgia pada usia 19 tahun 114 hari. Dia melampaui rekor Cristiano Ronaldo yang dicetak pada 2004, yaitu 19 tahun 128 hari.

Gol Francisco Conceição ke gawang Republik Ceko untuk Portugal memastikan ia bergabung dengan klub eksklusif ayah dan anak yang telah mencetak gol di EURO, dengan ayahnya Sergio Conceição mencetak gol di EURO 2000. 

Satu-satunya duo ayah-anak lainnya yang telah mencetak gol adalah Enrico Chiesa dari Italia (1996) dan Federico Chiesa (2020).

Gelandang Inggris Jude Bellingham menjadi pemain termuda yang tampil di dua turnamen final Euro pada usia 20 tahun 353 hari, mengalahkan rekor masa lalu Jamal Musiala dari Jerman yaitu 21 tahun 109 hari.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: