Timur Tengah Alami Perubahan Serius Akibat Perang Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 02 Juli 2024 | 05:00 WIB
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Inst Gaza Now)
Israel terus memborbardir Gaza (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan, Kawasan Timur Tengah sedang mengalami perubahan serius di tengah serangan mematikan oleh Israel di Jalur Gaza.

"Wilayah ini tengah melalui perubahan serius baru-baru ini, di tengah perang intens Israel di Jalur Gaza dan upaya untuk memberlakukan pemindahan paksa ke wilayah Mesir," katanya.

"Dalam Perang Gaza tersebut, hati nurani kemanusiaan tidak ada, dan masyarakat internasional hanya diam saja, memalingkan muka dari puluhan ribu korban tak berdosa," tambahnya.

Lebih dari 37.800 warga Palestina telah tewas dan hampir 87 ribu lainnya luka-luka dalam serangan mematikan Israel di Gaza sejak 7 Oktober lalu setelah serangan Hamas.

Lebih dari delapan bulan setelah serangan Israel tersebut, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap akses makanan, air bersih dan obat-obatan.

Dikutip dari Antara, Sisi mengatakan prioritas utama pemerintah baru Mesir adalah meringankan penderitaan akibat kenaikan harga dan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja.

"Saya sampaikan kepada seluruh warga Mesir yang telah bertahan dalam kerasnya hidup dan kenaikan harga selama beberapa waktu terakhir demi memberikan kehidupan yang baik bagi anak-anak mereka. Saya sepenuhnya memahami besarnya penderitaan ini," kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: