Menpora Berharap Jersey Merah Putih Didit Hediprasetyo, Penguat Semangat Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 05 Juli 2024 | 12:50 WIB
Jersey timnas Indonesia yang didesain langsung oleh desainer Tanah Air Didit Hediprasetyo (Foto/Kemenpora)
Jersey timnas Indonesia yang didesain langsung oleh desainer Tanah Air Didit Hediprasetyo (Foto/Kemenpora)

BeritaNasional.com -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap, jersey Merah Putih untuk kontingen Indonesia bisa menambah semangat dan percaya diri saat berjuang di Olimpiade Paris 2024.

Sebagai informasi, jersey ini dirancang oleh Didit Hediprasetyo. Putra Prabowo Subianto itu juga mensponsori proses produksinya melalui Didit Hediprasetyo Foundation.

"Jersey Merah Putih ini adalah simbol kebanggaan dan semangat juang tim Indonesia. Kami berharap dengan jersey ini, semangat para atlet semakin berkobar untuk berjuang di Olimpiade 2024 Paris," kata Dito saat peluncuran jersey, Kamis (4/7/2024).

Dito menilai, acara Olimpiade 2024 ini spesial. Sebab, lokasinya berada di Paris yang memiliki benchmark dari dunia fashion. Oleh karena itu, dirinya senang timnas Indonesia juga menggunakan desainer kelas dunia.

"Dan memang beberapa minggu ini di mana negara-negara telah memamerkan semua jersey mereka tanpa main-main menggunakan desainer-desainer kelas atas," ujar Dito.

"Indonesia, Alhamdulillah, kita memiliki Mas Didit yang reputasinya sangat gemilang di dunia internasional untuk desain apparel. Dan saya yakin hal ini sedikit banyak akan meningkatkan kepercayaan diri para atlet kontingen," tambahnya.

Lebih lanjut, Dito juga mengungkapkan bahwa Tim Merah Putih sejauh ini telah berhasil mengamankan 49 tiket untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2024.

"Pemerintah melalui Kemenpora, bekerja sama dengan seluruh pihak terkait, telah mempersiapkan segala kebutuhan para atlet Olimpiade Paris yang akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Kami memastikan latihan fisik dan mental, serta peralatan yang diperlukan, tersedia dan optimal," ucap Dito.

Diberitakan sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau National Olympic Committee Indonesia (NOC Indonesia) merilis jersey yang akan digunakan kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengaku tak sabar melihat 29 atlet Merah Putih yang lolos ke Paris 2024 untuk tampil mengenakan jersey ini.

Dia pun menilai respon warganet sangat positif ketika melihat jersey baru ini dipamerkan lewat media sosial pada Kamis (4/7/2024) sore.

"Jadi, meskipun banyak desainer lain, hanya Didit yang berani mengambil tantangan dari NOC Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan, tantangan ini sering kali membuat desainer lain di-bully di negara-negara lain karena desainnya," ucap Raja Sapta Oktohari saat peluncuran jersey, Kamis (4/7/2024).

“Namun, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada netizen Indonesia karena respon mereka sangat positif. Ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa besar yang menghargai kreativitas dan kontribusi anak bangsa dalam meraih prestasi olahraga terbaik untuk Indonesia," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Didit mengungkapkan bahwa inspirasi desainnya berasal dari bendera Merah-Putih yang berkibar.

"Saya menerima tawaran ini karena saya melihat ini sebagai salah satu cara saya dapat berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa yang saya cintai. Harapan saya adalah agar kita terus berjuang dan meraih prestasi serta mengharumkan nama bangsa Indonesia," ujar Didit.

Para atlet, official, dan tim Chef de Mission (CdM) akan mendapatkan dua set seragam yang wajib digunakan pada pengukuhan dan pelepasan kontingen, keberangkatan, kepulangan, atau acara resmi lainnya. Selain itu, ada satu set seragam motif khusus yang akan dipakai saat menerima medali. Para atlet juga akan mendapatkan satu jersey tambahan yang wajib digunakan saat latihan atau di area resmi lainnya.

3.5sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: