Profil Kaesang Pangarep, Putra Presiden Jokowi yang Digadang-gadang Maju Pilkada 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 07 Juli 2024 | 15:01 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan lantaran digadang-gadang maju sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur di Pilkada 2024.

Nama Kaesang mulai menguat sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur setelah Mahkamah Agung memberikan putusan soal syarat usia calon kepala daerah. Aturan baru itu memuat bahwa calon kepala gubernur atau calon wakil gubernur berusia paling rendah 30 tahun terhitung sejak pelantikan.

Kaesang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo. Ia lahir pada 25 Desember 1994.

Kaesang menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo. Kemudian, ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureate. Kaesang melanjutkan kuliah di Singapore University of Social Sciences dan mengambil studi di jurusan komunikasi dan lulus dengan Gelar B.Sc di bidang Pemasaran.

Sebelum terjun ke politik, Kaesang memulai kiprahnya sebagai pengusaha serta menjadi seorang YouTuber. Ia terkenal dengan berbisnis di bidang kuliner, fesyen dan aplikasi digital.

Kaesang menelurkan sejumlah merek dagang di bidang kuliner seperti Sang Pisang, Yang Ayam, sampai Ternakopi. Usahanya cukup terkenal adalah Sang Pisang yang sampai bisa membuka gerai di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2019 lalu.

Di bidang fesyen, Kaesang mendirikan Sang Javas pada tahun 2017. Ia juga terjung ke dunia teknologi dengan mendirikan Enigma Camp sebagai wadah pelatihan programmer di tahun yang sama.

Kaesang juga tercatat sebagai Komisaris RANS Entertainment milik Raffi Ahmad. Ia juga pemilik saham mayoritas dan Dirut PT Persis Solo Saestu (PSS) yang menaungi Persis Solo.

Kaesang mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2023. Ia menerima kartu tanda anggota PSI pada 23 September 2023. Hanya selang dua hari sejak menerima kartu tanda anggota, Kaesang diangkat sebagai ketua umum pada 25 September 2023 dalam Kopdarnas Deklarasi Politik PSI di Jakarta.

Kini, Kaesang melangkah satu tingkat lagi di dunia politik. Namanya digadang-gadang sebagai calon wakil gubernur Jakarta. Sempat beredar posternya berduet dengan kader Gerindra, Budisatrio Djiwandono.

Belakangan, Kaesang dinilai punya potensi sebagai calon gubernur Jakarta. Namanya dibahas sebagai alternatif menggantikan Ridwan Kamil untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Maju, apabila Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Nama Kaesang juga menguat untuk diusung di Pilgub Jawa Tengah. Setelah Lembaga Survei Indonesia (LSI) memotret elektabilitas Kaesang 15,9 persen dalam simulasi semi terbuka 21 nama calon gubernur.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: