NATO Siap Buka Pintu bagi Negara-negara Lain yang Mau Bergabung

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 11 Juli 2024 | 14:41 WIB
KTT NATO berlangsung di Washington, AS  (Foto/Videvo)
KTT NATO berlangsung di Washington, AS (Foto/Videvo)

BeritaNasional.com - Dalam KTT NATO di Washington DC, NATO menegaskan kembali kebijakan pintu terbukanya. NATO siap membuka pintu bagi negara-negara yang mau bergabung dengan blok militer pimpinan AS tersebut. 

Para pemimpin NATO menguraikan kebijakan mereka pada KTT NATO di Washington untuk memperingati 75 tahun berdirinya blok tersebut.

“Wilayah Balkan Barat dan Laut Hitam memiliki kepentingan strategis bagi aliansi ini,” kata anggota NATO dalam deklarasi NATO. 

Dalam KTT NATO, para pemimpin NATO mengatakan, mereka berjanji untuk membantu negara-negara di kawasan ini melawan pengaruh jahat, termasuk disinformasi, ancaman hibrida, dan ancaman dunia maya, yang ditimbulkan oleh negara-negara dan oleh non-negara.

“NATO mendukung aspirasi Euro-Atlantik dari negara-negara yang berkepentingan di kawasan ini,” bunyi deklarasi NATO tersebut.

Dikutip dari RT, Kamis (11/7/2024), NATO yang dipimpin AS ini mengakui negara Balkan, Montenegro, sebagai anggotanya pada tahun 2017, sementara negara tetangganya, Bosnia dan Herzegovina, telah mengadakan negosiasi intermiten mengenai akses ke NATO sejak tahun 2008. 

Milorad Dodik, Pemimpin Entitas Federasi Serbia, baru-baru ini mengonfirmasi, ia akan menghalangi Bosnia dan Herzegovina untuk bergabung dengan NATO di masa depan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: