Bangganya Gareth Southgate Bawa Inggris ke Final Euro 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 11 Juli 2024 | 21:01 WIB
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. (Foto/uefa.com)
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku senang usai berhasil membawa The Three Lions kembali melaju ke babak final Euro 2024. Di babak semifinal, Inggris mengalahkan Belanda dengan Skor 2-1.

Kemenangan dramatis pada menit ke-90 dari pemain pengganti Ollie Watkins memastikan kemenangan 2-1 atas Belanda saat Inggris bangkit dari ketertinggalan untuk maju ke final melawan Spanyol.

Final Euro 2024 ini adalah kali kedua bagi Inggris usai ditukangi oleh Gareth Southgate. Namun, pada 2020, Inggris harus puas kalah dari Italia.

"Saya mengambil pekerjaan ini untuk mencoba meningkatkan sepak bola Inggris dan kami sekarang berada di final kedua. Final terakhir adalah yang pertama dalam lebih dari 50 tahun. Kami sekarang berada di final pertama," kata Southgate dikutip dari BCC, Kamis (11/7/2024).

"Kami memberikan malam yang luar biasa kepada masyarakat. Kami telah memberikan malam terbaik kepada pendukung kami dalam 50 tahun terakhir. Saya sangat bangga akan hal itu,” tambahnya.

Southgate menyatakan di babak final Inggris akan menghadapi lawan berta yakni Spanyol. Namun, bukan berarti hal itu akan memupuskan harapannya untuk membawa gelar juara Euro 2024 terhadap Inggris.

"Kami mempunyai ujian terbesar yang harus kami persiapkan. Kami datang ke sini untuk mencoba memenangkan turnamen dan itu masih menjadi tujuan kami,” kata dia.

Ini bukan perjalanan yang mulus bagi Inggris, yang menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang mencapai final meski tertinggal di pertandingan perempat final dan semifinal.

Kritik datang ke arah mereka dengan para penggemar menunjukkan rasa frustasi. Para pendukung melemparkan gelas plastik yang ditujukan ke Southgate setelah mereka bermain imbang 0-0 dengan 

“Bisa merayakan final kedua sangatlah istimewa. Jika saya tidak berada di lapangan, saya akan menonton dan merayakannya seperti (para penggemar) yang melihatnya,” ungkap Southgate.

“Sayalah yang harus memilih tim sehingga bisa memberi mereka malam seperti malam ini sangatlah istimewa. Kami datang ke sini untuk menang dan melawan tim yang menjadi yang terbaik di turnamen (di final). Namun kami masih di sini dan berjuang,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: