Lihat Hasil Survei Cagub Jateng, Kaesang: Memang Pasti Bagus Elektabilitas Saya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 11 Juli 2024 | 22:58 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat menghadiri acara halal bihalal Partai Golkar di Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Senin (15/4/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat menghadiri acara halal bihalal Partai Golkar di Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Senin (15/4/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memuji elektabilitas dirinya sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Tengah dalam sejumlah survei. 

Elektabilitas putra Presiden Joko Widodo itu teratas dalam survei calon gubernur yang digelar Indikator Politik Indonesia dan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Kaesang mengatakan elektabilitasnya sebagai calon gubernur Jawa Tengah memang bagus.

"Oh elektabilitas saya tinggi, memang bagus pasti elektabilitas saya," katanya di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Namun, Kaesang belum menentukan apakah akan maju di Pilgub Jawa Tengah kendati elektabilitasnya tinggi. Ia meminta waktu sampai menjelang pendaftaran calon kepala daerah di KPU.

"Izinkan saya karena nanti kan 27 Agustus ini masih 49 hari lagi, mohon ditunggu saja," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jawa Tengah. Dalam survei teranyar Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Kaesang mencapai angka 17,7 persen pada simulasi 20 nama.

"Kaesang berada di peringkat pertama," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan survei, Minggu (7/7/2024).

Sementara di urutan kedua ditempati Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan elektabilitas 15,6 persen. Burhanuddin mengatakan, selisihnya dengan Kaesang masih dalam ambang margin of error. Sehingga belum bisa dikatakan siapa yang lebih unggul.

"(Kaesang) dalam selisih margin of error dengan Ahmad Luthfi Kapolda Jawa Tengah. Jadi, kita tidak tahu sebenarnya siapa yang unggul. Tetapi Kaesang berada di peringkat pertama secara absolut. Pun, itu tidak dominan," ujarnya.


 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: