Golkar Soal PDIP Dukung Airin di Pilkada Banten 2024: Ada yang Pengin Mendekat

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 12 Juli 2024 | 11:35 WIB
Airin Rachmi Diany digadang-gadang maju di Pilkada Banten 2024. (Foto/BeritaNasional/Panji Septo)
Airin Rachmi Diany digadang-gadang maju di Pilkada Banten 2024. (Foto/BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Partai Golkar buka suara mengenai dukungan PDI Perjuangan (PDIP) terhadap kader mereka, Airin Rachmi Diany, di Pilkada Banten 2024.

Namun, PDIP mengajukan Ade Sumardi, Ketua DPD Banten, sebagai bakal calon wakil gubernur Banten yang akan mendampingi Airin.

Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, menyatakan bahwa ini merupakan langkah yang bisa dilakukan karena ada keinginan untuk berkoalisi dalam Pilkada Banten.

"Mungkin dalam konteks koalisi, ada pihak yang ingin mendekat," ujar Lodewijk kepada wartawan di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, pada Kamis (11/7/2024).

Meskipun demikian, Lodewijk menegaskan bahwa Partai Golkar belum mengeluarkan surat instruksi kepada Airin terkait Pilkada Banten 2024. Oleh karena itu, dinamika politik masih dapat berubah.

"Di Golkar, pertama-tama kita memberikan surat perintah penugasan, yang telah dilaksanakan oleh Bu Airin. Setelah proses survei dan lainnya selesai, barulah kita memberikan surat instruksi," jelas Lodewijk.

"Pokoknya, surat instruksi itu bertujuan untuk membangun koalisi dan menemukan pasangan calon untuk calon wakil kepala daerah. Namun, Bu Airin belum sampai pada tahap itu; baru surat perintah penugasan," tambahnya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan telah menyatakan dukungannya terhadap Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024, dengan Airin akan dipasangkan dengan seorang kader partai.

"Sudah pasti kami mendukung Airin di Banten," kata Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Kamis (11/7/2024).

PDIP mengajukan Ade Sumardi, Ketua DPD Banten, sebagai calon wakil gubernur Banten. Djarot menjelaskan bahwa Ade telah resmi dipasangkan dengan Airin.

"Untuk Banten, saya pikir Pak Ade ketua DPD Banten," kata Djarot.

PDIP juga tidak gentar menghadapi duet Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah yang didukung oleh Partai Gerindra.

"Biarkan saja, nanti kita lihat siapa yang menang antara gajah dan semut. Tidak perlu repot," ujar Djarot.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: