Ambil Jalan Tengah, KIM Diprediksi Bakal Usung Kaesang Pangarep di Jakarta dan Ridwan Kamil di Jabar

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 15 Juli 2024 | 22:01 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berkunjung ke DPP PKS. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berkunjung ke DPP PKS. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengambil jalan tengah untuk Pilkada Jakarta dan Jawa Barat. Yaitu mengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat, dan Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur Jakarta.

Ujang mengatakan, saat ini terjadi tarik menarik yang kuat di KIM. Karena Ridwan Kamil cukup bahaya untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta.

"Tarik-menariknya kencang ya antara Jawa Barat dengan DKJ, Daerah Khusus Jakarta. Karena memang Ridwan Kamil juga ngeri-ngeri sedap kalau maju di Jakarta. Belum tentu menang," kata Ujang ketika dihubungi, Senin (15/7/2024).

Namun, di Jawa Barat Ridwan Kamil berpotensi menang besar. Karena itu, Ujang memprediksi Koalisi Indonesia Maju akan mengusung Ridwan Kamil di Jawa Barat.

"Tapi kalau di Jawa Barat, Ridwan Kamil potensi menangnya besar atau tinggi. Oleh karena itu, saya melihat jalan tengahnya seperti itu," kata Ujang.

Sementara, itu KIM akan mengusung Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur. Dukungan ini sudah disampaikan oleh Partai Golkar dan PAN.

"Jalan tengahnya ya Ridwan Kamil bisa di Jawa Barat, lalu Kaesang di Jakarta. Dipasangkan dengan siapa, beberapa Babah Alun atau dengan yang lain," kata Ujang.

Ujang mengatakan, saat ini sedang dilakukan komunikasi politik di Koalisi Indonesia Maju. Untuk berkompromi mengambil jalan tengah tersebut.

"Kelihatannya sedang komunikasi politik, sedang kompromi, sedang cari jalan tengah untuk agar Golkar juga aman dengan Ridwan Kamil di Jawa Barat, sedangkan Kaesang bisa di Jakarta. Bisa jadi kompromi-kompromi jalan tengah yang sedang dicari solusinya oleh Koalisi Indonesia Maju. Saya sih melihatnya arahnya ke sana," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: