Pemprov DKI Minta Warga Pesisir Utara Jakarta Waspadai Banjir Rob 16-23 Juli 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 16 Juli 2024 | 11:22 WIB
Ilustrasi banjir rob (Beritanasional/Oke)
Ilustrasi banjir rob (Beritanasional/Oke)

BeritaNasional.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga yang bermukim di wilayah pesisir untuk waspada terhadap banjir atau rob pada 16 sampai 23 Juli 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, banjir rob ini berpotensi terjadi karena adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama.

"Adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta." kata Isnawa dalam keterangannya, Selasa (16/7/2024).

Isnawa berujar, puncak pasang maksimum diprediksi terjadi pada pukul 18.00 sampai 23.00 WIB.

Oleh karena itu, warga wilayah pesisir utara Jakarta khususnya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Muara Angke, dan Kalibaru diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi terjadinya banjir rob.

"Masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut," ucap Isnawa.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112,” tambahnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: