Pemprov DKI Dorong Guru Punya Sertifikat Pendidik

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 16 Juli 2024 | 18:00 WIB
Suasana SDN Menteng 02, Jakarta. Guru didorong untuk memiliki sertifikat pendidik.(BeritaNasional/Oke Atmaja)
Suasana SDN Menteng 02, Jakarta. Guru didorong untuk memiliki sertifikat pendidik.(BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta mendorong guru agar memiliki sertifikat pendidik dengan menyelenggarakan program pendidikan profesi guru (PPG).

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ali Mukodas mengatakan sertifikat pendidik sebagai bukti bukti formal menjadi tenaga profesional.

"Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendorong guru-guru di Jakarta mendapatkan sertifikat mendidiknya," ujarnya yang dikutip dari Antara pada Selasa (16/7/2024).

Hal itu disampaikannya dalam seminar daring bertema “Menuju Pendidikan Berkualitas dan Inklusif: Merajut Masa Depan Cerdas Kota Jakarta” di Jakarta, Selasa.

Ali menjelaskan Disdik DKI Jakarta memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) di semua wilayah administrasi Jakarta yang menangani peningkatan mutu guru.

Lewat UPT, guru dilatih kompetensi pedagogik dan lain sebagainya di tempat pelatihan.

"Nanti dilihat berapa guru yang butuh pelatihan tentang pedagogik (ilmu tentang pendidikan), kompetensi terkait TI, dari situ dibuatlah pelatihan oleh masing-masing UPT," kata dia.

Upaya inilah yang digencarkan Pemprov DKI Jakarta agar para guru mendapatkan sertifikat pendidik. Sebab, masih ada guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: