Honda Pamerkan Prototype SUSTAINA-C dan Pocket Concept di GIIAS 2024

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 20 Juli 2024 | 03:42 WIB
Prototype SUSTAINA-C dan Pocket Concept di GIIAS 2024. (Foto/HPM)
Prototype SUSTAINA-C dan Pocket Concept di GIIAS 2024. (Foto/HPM)

BeritaNasional.com -  PT Honda Prospect Motor memperkenalkan dua model konsep elektrifikasi ramah lingkungan, yaitu SUSTAINA-C dan Honda Pocket Concept, untuk pertama kalinya di Asia Tenggara pada ajang GIIAS 2024.

Acara ini berlangsung di ICE-BSD, Tangerang Selatan, hingga 28 Juli 2024. Kedua model konsep ini menampilkan material daur ulang dan bebas emisi karbon.

Honda mengembangkan model konsep ini untuk menggabungkan kebebasan mobilitas bagi generasi Z dengan keberlanjutan lingkungan. Dengan konsep pengembangan Genki Circulator, SUSTAINA-C dan Pocket Concept mengadopsi prinsip EGO dan ECO. Ini berarti kedua model tersebut berusaha memenuhi keinginan pengguna (EGO) sambil tetap ramah lingkungan (ECO).

Desain SUSTAINA-C

Desain eksterior SUSTAINA-C dirancang kompak agar mudah bermanuver di perkotaan, mengusung pendekatan stylish dengan panel bodi à la mode. Bodi mobil menggunakan bahan resin akrilik tanpa proses pengecatan, berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih.

Pintu belakang berbentuk layar (screen gate) dengan lampu belakang yang menyala memanfaatkan karakteristik resin akrilik, menyerupai layar ponsel pintar.

Teknologi Lampu LED

SUSTAINA-C menggunakan lampu mini LED di belakang yang tidak hanya berfungsi sebagai penerangan tetapi juga menunjukkan status pengisian daya saat parkir dan berkomunikasi dengan kendaraan lain melalui berbagai ekspresi dan pesan teks.

Honda Pocket Concept

Honda Pocket Concept adalah sepeda motor kecil berbasis listrik yang mendukung mobilitas jarak jauh. Dibuat dari bahan resin akrilik, kendaraan ini lebih ringan dan ramah lingkungan. Sangat praktis untuk penggunaan sehari-hari, Pocket Concept mudah dilipat dan dibawa kemanapun. Setelah dilipat, kendaraan ini dapat dimuat dalam bagasi SUSTAINA-C.

Sistem Pengisian Daya

Pengisian daya SUSTAINA-C dilakukan dengan membuka kap mesin depan, sementara Honda Pocket Concept dapat diisi menggunakan fungsi suplai AC on-board.

Penampilan Perdana dan Visi Masa Depan

Kedua model ini pertama kali diperkenalkan di Japan Mobility Show 2023 dan Milan Design Week 2024 di Italia. Honda memiliki visi global untuk meluncurkan hingga 30 kendaraan listrik pada tahun 2030 dengan volume produksi mencapai 2 juta unit per tahun.

Selain itu, Honda berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon pada semua lini produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: