Ketua Partai Komunis Vietnam Meninggal Dunia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 20 Juli 2024 | 15:51 WIB
Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong meninggal dunia (Foto/Dantri)
Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong meninggal dunia (Foto/Dantri)

BeritaNasional.com - Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong meninggal dunia usai menjabat posisi paling berkuasa di negara itu selama 13 tahun. Trong menyaksikan pertumbuhan ekonomi Vietnam yang cepat, tindakan keras anti-korupsi selama bertahun-tahun.

Tugas Trong saat ini diserahkan kepada Presiden To Lam, politisi yang sedang naik daun di dalam partai. Lam diproyeksikan dapat lebih mengkonsolidasikan kekuasaannya jika dia diizinkan untuk mempertahankan kedua peran tersebut.

"Trong meninggal pada sore hari karena sudah tua dan punya penyakit berat,” kata Partai Komunis.

Tim medis Trong menyatakan, ia meninggal karena sakit meskipun sudah dirawat dengan sepenuh hati oleh para dokter dan pakar medis.

Lam telah mengambil alih tugas Trong pada Kamis (18/7) ketika ketua partai itu sedang sakit. Partai tersebut sekarang harus memutuskan apakah Lam akan secara resmi ditunjuk sebagai penjabat ketua partai sampai masa jabatannya saat ini berakhir pada 2026, atau apakah partai tersebut akan memilih ketua baru sebelum itu dari dalam jajarannya.

Dikutip dari VOA, walau Vietnam secara resmi tidak memiliki penguasa tertinggi, Trong adalah tokoh paling berkuasa di negara tersebut sebagai sekretaris jenderal partai dan telah menjabat sejak 2011.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: