KPK Belum Jadwalkan Pemeriksaan Wali Kota Semarang

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 23 Juli 2024 | 13:00 WIB
KPK belum jadwalkan pemeriksaan Wali Kota Semarang (Beritanasional/Panji)
KPK belum jadwalkan pemeriksaan Wali Kota Semarang (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menjadwalkan panggilan pemeriksaan untuk Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita).

Menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, hal tersebut belum bisa dilakukan karena penyidik lembaga antirasuhah masih berkegiatan di Semarang.

"Sampai saat ini penyidik masih melakukan kegiatan penyidikan di Semarang," ujar Tessa dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2024).

“Jadi, belum menjadwalkan pemeriksaan saksi-saksi termasuk tersangka,” tuturnya.

Sebelumnya, Ita menghadiri rapat paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang muncul usai KPK menggeledah sejumlah instansi pemerintahan Kota Semarang.

Ita mengaku tak pergi ke mana-mana dan tetap ada di wilayah Semarang. Dirinya bakal mengikuti prosedur yang tengah dilakukan oleh KPK terkait dugaan korupsi di Pemkot Semarang.

"Saya ada di sini, saya tidak kemana-mana. Saya di sini. Alhamdulillah sampai saat ini saya baik-baik dan mengikuti saja prosedur yang dilaksanakan," ujarnya.

Ita juga memastikan bahwa jalannya pemerintahan dan pelayanan publik di lingkup Pemkot Semarang tetap berjalan dengan baik meski sedang diterpa isu dugaan korupsi.

Dalam perkara tersebut, KPK menelusuri tiga buah perkara. Pertama terkait dugaan tindak pidana korupsi atas pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Semarang  2023-2024.

Kemudian terkait dugaan pemerasan terhadap pegawai negeri atas insentif pemungutan pajak dan retribusi daerah kota Semarang, serta dugaan penerimaan gratifikasi tahun 2023-2024.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: