Anies Baswedan Resmi Diusung NasDem di Pilgub Jakarta, Golkar Menyusun Strategi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 23 Juli 2024 | 11:45 WIB
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Oke Atmaja)
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, hal tersebut bakal menjadi bahan pertimbangan terkait siapa yang akan diusung sebagai calon gubernur.

Golkar melihat pemetaan politik tentang siapa rival yang bakal maju sebagai dasar pertimbangan penentuan calon gubernur.

"Nah, itulah yang sebetulnya juga menjadi pertimbangan untuk kita. Karena pemetaan masing-masing daerah harus disertakan dengan peluang kompetitor yang nanti akan bersaing dalam pilkada tersebut," kata Ace kepada wartawan, Rabu (23/7/2024).

Golkar melakukan pendekatan saintifik dalam menentukan calon gubernur. Ace mengatakan, aspek konfigurasi pasangan yang bakal maju menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

"Jadi bagi kami, tentu, selama ini Golkar selalu menggunakan pendekatan saintifik. Kami pasti harus mempertimbangkan aspek konfigurasi pasangan yang kemungkinan akan maju pada berbagai pilkada di daerah-daerah yang sangat penting di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Golkar belum memastikan siapa yang akan diusung di Pilkada Jakarta. Nama Ridwan Kamil yang sudah lama menguat, belum pasti akan dibawa ke Jakarta.

Karena secara realistis, Golkar melihat peluang Ridwan Kamil lebih besar maju untuk periode keduanya di Pilgub Jawa Barat.

"Sejauh ini, Pak Ridwan Kamil kan masih sangat tinggi dan bahkan 78 persen warga Jawa Barat menurut survei Indikator Politik Indonesia menginginkan kembali Pak RK sebagai Gubernur Jawa Barat," ujar Ace yang juga ketua DPD Golkar Jawa Barat.

Sebelumnya, Partai NasDem resmi mengumumkan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Keputusan itu diambil Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Senin (22/7/2024).

Pada sore ini, Surya Paloh menggelar rapat membahas Pilkada 2024. Anies Baswedan hadir dalam rapat yang digelar di kantor DPP NasDem.

"Sore ini telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh memimpin rapat langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," ujar Sekjen NasDem Hermawi Taslim.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: