Menhan Korsel, AS, dan Jepang Siap Bertemu di Tokyo Bahas Ancaman Korut

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 24 Juli 2024 | 04:00 WIB
Korut terus kirim balon sampah ke Korsel (Foto/Yonhap)
Korut terus kirim balon sampah ke Korsel (Foto/Yonhap)

BeritaNasional.com - Para pemimpin pertahanan Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS) dan Jepang mengadakan pembicaraan di Tokyo minggu depan untuk membahas isu-isu seperti memperkuat kerja sama keamanan trilateral. 

Kegiatan ini dilakukan karena ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut) yang semakin meningkat. Ketiga negara siap mengatasi ancaman Korut yang terus menguat.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, pertemuan para pemimpin Korsel, AS, Jepang terjadi di tengah ketegangan di Semenanjung Korea akibat berulang kali Korea Utara meluncurkan balon pembawa sampah ke Korea Selatan. Korut meluncurkan balon berisi sampah sebagai pembalasan atas selebaran anti-Korut yang dikirim dari Korsel.

Dikutip dari Yonhap, Korea Selatan juga melakukan siaran anti-Korut melalui pengeras suara di perbatasan dalam skala penuh.

Menteri Pertahanan Shin Won Sik dan rekan-rekannya dari AS dan Jepang, Lloyd Austin dan Minoru Kihara terus mengawasi situasi keamanan regional dan ancaman Korea Utara. Mereka juga akan mencari cara-cara untuk meningkatkan kerja sama keamanan tiga negara, dan melaksanakan upaya-upaya tersebut. 

Pembicaraan bilateral antara para menteri pertahanan tiga negara akan berlangsung di sela-sela pertemuan trilateral.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: