Hamzah Haz Dimakamkan di Bogor, Prosesi Penyerahan Jenazah Dilakukan Secara Militer

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 24 Juli 2024 | 14:51 WIB
Prosesi penyerahan jenazah Hamzah Haz ke negara, akan dimakamkan di Bogor. (Foto/Ahda Bayhaqi)
Prosesi penyerahan jenazah Hamzah Haz ke negara, akan dimakamkan di Bogor. (Foto/Ahda Bayhaqi)

BeritaNasional.com -  Jenazah Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz akan segera dimakamkan di pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor. Upacara penyerahan jenazah secara militer telah dilaksanakan di rumah duka, Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta, pada Rabu (25/7/2024).

Upacara penyerahan jenazah dilakukan dari pihak keluarga kepada negara. Jenazah selanjutnya akan dibawa ke Bogor sebagai tempat peristirahatan terakhir Hamzah Haz.

"Atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, kami menerima jenazah almarhum Haji Hamzah Haz," kata Wakil Menteri Yuliot Tanjung yang secara simbolis menerima jenazah.

Hamzah Haz akan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat, dan pemakaman akan dilaksanakan secara militer.

"Selanjutnya, jenazah almarhum akan saya berangkatkan ke tempat pemakaman di TPU Bogor untuk dimakamkan secara militer," tambahnya.

Jenazah Hamzah Haz, yang dibawa dengan keranda berbalut bendera merah putih, diantarkan dengan upacara militer. Keranda kemudian dibawa dengan ambulans menuju Bogor.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas meninggalnya Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz. Jokowi menyampaikan duka mendalam atas nama bangsa dan negara.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr. H. Hamzah Haz dalam usia 84 tahun. Atas nama pemerintah, bangsa, dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," kata Jokowi di rumah duka Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Jokowi mengungkapkan bahwa Hamzah Haz adalah sosok negarawan yang telah banyak mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara, baik sebagai Wakil Presiden pada tahun 2001-2004 maupun dalam berbagai pengabdian lainnya yang sangat banyak," katanya.

Jenazah Hamzah Haz akan disalatkan di masjid dekat rumah duka sebelum dimakamkan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Nantinya, upacara pemakaman akan dipimpin oleh Pak Menko dan dilaksanakan di pemakaman di Bogor," kata Jokowi.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: