14 Faksi Palestina Menandatangani Deklarasi Beijing

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 24 Juli 2024 | 20:00 WIB
Deklarasi Beijing ditandatangani di Beijing, China (Foto/Pixabay)
Deklarasi Beijing ditandatangani di Beijing, China (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Di tengah gempuran Israel ke Gaza, para pemimpin faksi di Palestina berkumpul di Beijing, China. Sebanyak 14 faksi di Palestina menandatangani Deklarasi Beijing untuk mengakhiri perpecahan, mereka memperkuat persatuan nasional Palestina. 

"Ini adalah pertama kalinya seluruh 14 faksi Palestina berkumpul di Beijing dan mengadakan pembicaraan untuk rekonsiliasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning.

Deklarasi Beijing tersebut dicapai setelah pembicaraan yang diikuti para perwakilan 14 faksi Palestina termasuk Fatah dan Hamas pada 21-23 Juli 2024.

Penandatangan dilakukan di Wisma Negara Diaoyutai dengan disaksikan oleh Menteri Luar Negeri China serta perwakilan dari Yordania, Suriah, Lebanon, Rusia, Turki, Mesir, Aljazair, Arab Saudi, Qatar. 

"Konsensus terpenting dari Deklarasi Beijing adalah tercapainya rekonsiliasi dan persatuan antara 14 faksi. Ini juga menegaskan bahwa Palestine Liberation Organization (PLO) sebagai satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina," ujar Mao Ning.

"Deklarasi Beijing juga menegaskan komitmen mendirikan Negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kota menurut resolusi PBB. Deklarasi ini juga memastikan integritas wilayah Palestina termasuk Tepi Barat, Yerusalem dan Gaza," tambah Mao Ning.

Para faksi juga ingin penyelenggaraan pemilihan umum agar diselenggarakan segera sesuai dengan hukum yang berlaku.

Menlu China Wang Yi mengatakan, China selama ini selalu mendukung rakyat Palestina dalam memulihkan hak-hak nasionalnya.

"Rekonsiliasi intra-Palestina akan membawa harapan dan masa depan bagi rakyat Palestina. Ini merupakan langkah penting menuju menyelesaikan masalah Palestina dan mencapai perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah," kata Wang Yi.

Dikutip dari Antara, Ketua Delegasi Fatah Mahmoud al-Aloul dan Kepala Delegasi Hamas Musa Abu Marzouk menyampaikan, China selalu punya tempat yang penting di hati rakyat Palestina. Apalagi Presiden Xi Jinping selalu mendukung Palestina dengan serius dan tanpa pamrih.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: