Rakyat AS Tolak Kunjungan Netanyahu ke Negaranya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 25 Juli 2024 | 13:43 WIB
Rakyat AS menolak kunjungan Netanyahu  (Foto/X Netanyahu)
Rakyat AS menolak kunjungan Netanyahu (Foto/X Netanyahu)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden Kamala Harris sekaligus capres AS tidak menghadiri pidato Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di hadapan Kongres AS.

Hal ini membuat Israel kesal dan malu dengan langkah Hariss yang tak mau menghadiri pidato Netanyahu. Bahkan mereka mempertanyakan sikap Harris terhadap sekutus AS itu, Israel.

Dikutip dari The Jerusalem Post, sebelumnya, Joe Biden juga tidak menghadiri pidato Netanyahu pada tahun 2015. Ini merupakan sebuah tanda yang jelas dari ketidaksukaan Gedung Putih terhadap kehadiran Netanyahu. 

Bahkan ratusan orang Yahudi berunjuk rasa menolak kedatangan Netanyahu. Mereka tidak suka Netanyahu ke AS apalagi berpidato di depan Kongres AS.

Ratusan orang Yahudi itu menolak pemerintahan Joe Biden yang masih memasok senjata dan bom ke Israel untuk operasi militernya di Gaza.

"Kami menolak pajak kami dipakai untuk mendanai genosida di Gaza," kata pengunjuk rasa Yahudi itu di Gedung Kongres.

Dikutip dari Sputnik, Co Founder organisasi perdamaian CODEPINK Medea Benjamin mengatakan, sebenarnya rakyat AS menolak kedatangan Netanyahu ke negaranya. 

"Rakyat AS jelas menolak keras kunjungan Netanyahu. Selain itu banyak anggota Kongres merasa terpaksa harus hadir walaupun sejatinya mereka tidak mau," kata Benjamin.

Sejumlah anggota Kongres tidak hadir dalam pidato Netanyahu sebagai bentuk penolakan mereka. Ribuan orang berkumpul di  Washington DC untuk menyatakan penolakan mereka terhadap Netanyahu.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: