Menlu Ukraina akan ke China, Bahas Perdamaian Kiev-Kremlin

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 26 Juli 2024 | 17:50 WIB
Menlu Ukraina akan ke China (Foto/Pixabay)
Menlu Ukraina akan ke China (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Perang Ukraina-Rusia selama ini masih berkecamuk. Namun Ukraina kini mulai memberikan sinyal untuk bernegosiasi dengan Rusia.

Pembicaraan dengan Rusia untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina harus dilakukan dengan rasional. Selain itu Ukraina meminta Moskow punya niat baik.

Bahkan diplomat tertinggi Ukraina akan mengunjungi China karena diundang Beijing untuk melakukan pembicaraan. Menurut Kiev, pembicaraan itu akan berfokus pada cara mengakhiri perang Rusia di Ukraina dan mengenai kemungkinan peran China dalam mencapai hal itu.

Hampir 29 bulan setelah invasi besar-besaran Rusia, Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba akan membahas hubungan bilateral dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam lawatan ke China pada 23 hingga 25 Juli.

“Topik utama pembahasan adalah mencari cara-cara untuk menghentikan agresi militer Rusia dan China berusaha jadi mediator dalam konflik," kata Kementerian Ukraina.

Kunjungan itu tidak biasa karena China dianggap punya hubungan erat dengan Rusia. Bahkan keduanya menyatakan, kerja sama mereka merupakan kemitraan tanpa batas. 

China selama ini tidak pernah mengecam agresi Rusia ke Ukraina. Namun Kiev sangat berhati-hati dalam mengkritik Beijing.

Dikutip dari VOA,China mengatakan hubungannya dengan Rusia dibangun atas dasar non-aliansi dan tidak menargetkan pihak ketiga manapun.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: