Sidang Kabinet di IKN, Jokowi Masih Tunggu Menteri yang di Luar Negeri

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 29 Juli 2024 | 05:09 WIB
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI).
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa penyelenggaraan sidang kabinet perdana di Istana Kepresidenan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih belum dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, sejumlah Menteri masih ada yang di luar negeri sehingga ia menunggu jajaran kabinet lengkap.

"Ratas (rapat terbatas) nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air karena banyak, masih ada yang di Paris,"  ujar Jokowi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (28/7/2024).

Disebutkan Jokowi, jika menteri yang berada di luar negeri sudah kembali ke tanah air maka sidang kabinet bisa dilaksanakan di IKN.

"Ya itu (sidang kabinet) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya ada di tanah air," jelas Jokowi. 

Lebih jauh, Jokowi mengatakan sejauh ini progres pembangunan IKN sudah mulai ada kemajuan dari sisi air, listrik, hingga furniture. Ia pun sampai bermalam di Istana IKN karena progres pembangunannya semakin maju.

"Saya ingin melihat, saya sudah diberitahu bahwa air sudah masuk, listrik sudah ada, kamar sudah ada, tapi juga tempat tidurnya sudah ada, jadi bisa tidurlah," tutur Jokowi.

Diketahui, Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, menghadiri acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dihelat di Sungai Seine, Paris sekitar pukul 19.30 waktu setempat, atau Sabtu (27/7/2024) pukul 00.30 WIB.

Pembukaan acara Olimpiade Paris 2024 ini diawali parade dari masing-masing kontingen negara yang akan berlaga, termasuk Indonesia. 

Dari tempat duduknya yang berada di tepi sungai Seine, Prabowo nampak berdiri ketika kontingen Indonesia melintas. Meski Paris diguyur hujan cukup deras, Prabowo yang mengenakan jas hujan transparan melambaikan tangan ke arah para atlet dan kontingen, dan memberikan semangat.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: