PP Muhammadiyah Siap Bahas Lokasi Izin Tambang Bersama Jokowi

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 29 Juli 2024 | 07:07 WIB
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto/muhammadiyah).
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto/muhammadiyah).

BeritaNasional.com - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan pihaknya akan segera membahas soal izin usaha pertambangan yang bakal diberikan pemerintah kepada organisasi masyarakat (Ormas) agama.

"Kami akan bicarakan dengan pemerintah, terutama dengan Pak Presiden Jokowi dan juga Pak Menteri Bahlil (Menteri Investasi) dan juga mungkin Menteri ESDM, lokasi mana yang diperuntukkan bagi Muhammadiyah," ujar Abdul Mu’ti dikutip dari Antaranews, Senin (29/7/2024).

Abdul Mu’ti menyatakan, PP Muhammadiyah juga belum mengetahui luas dan jenis usaha tambang yang bakal dikelola. Namun kemungkinan besar batubara.

Setelah menerima konsesi atau izin usaha pertambangan (IUP) dari pemerintah, PP Muhammadiyah bakal membentuk badan usaha khusus yang nantinya ditetapkan dalam Surat Keputusan PP Muhammadiyah.

"Akan dibentuk badan usaha milik Muhammadiyah yang nanti namanya kita belum tahu, dan insyaallah kami memiliki pengalaman dan sumber daya manusia untuk mengelola itu," ujar dia.

Dia menjelaskan badan usaha itu bakal dibahas bersama tim pengelola tambang Muhammadiyah yang telah dibentuk.

"Jadi Muhammadiyah tidak bekerja sendiri, Muhammadiyah akan bermitra dengan lembaga-lembaga atau perusahaan-perusahaan yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan tambang," kata dia.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah secara resmi menyatakan sikapnya untuk menerima konsesi izin usaha pertambangan yang diberikan oleh pemerintah.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam konferensi pers, Minggu (28/7/2024).

“Memutuskan bahwa Muhammadiyah siap mengelola usaha pertambangan sesuai dengan peraturan pemerintah,” kata Mu’ti dilihat dari YouTube Muhammadiyah Channel.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: