13 Situs Warisan Geologi Kelas Dunia Ditemukan di Kebumen

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 02 Agustus 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi Lava Bantal di Kebumen (Foto/Catatan Backpacker)
Ilustrasi Lava Bantal di Kebumen (Foto/Catatan Backpacker)

BeritaNasional.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah menemukan 13 situs warisan geologi skala dunia di wilayah Geopark Kebumen, Jawa Tengah.

Sebanyak 13 situs warisan geologi itu akan diajukan ke UNESCO agar memenuhi syarat Geopark Kebumen menjadi UNESCO Global Geopark.

"BRIN  telah melakukan inventarisasi di wilayah Kebumen. Inventarisasi tersebut menemukan 13 situs warisan geologi bernilai Internasional," ujar Peneliti Pusat Riset Sumber Daya Geologi BRIN Chusni Ansori.

Dikutip dari Antara, Chusni mengatakan, sejumlah geosite tersebut antara lain Lava Bantal - Watu Kelir di Seboro, Rijang dan Lempung merah di Wagirsambeng, Columnar Joint Gunung Parang, juga Batu Gamping Numulites di Jatibungkus dan Karangsambung.

Agar situs-situs itu ditetapkan jadi UNESCO Global Geopark, maka sebuah geopark harus memiliki beberapa pilar antara lain pendidikan, penelitian, konservasi, juga pengembangan ekonomi secara berkelanjutan.

"BRIN  sangat mendukung Geopark Kebumen menjadi UNESCO Global Geopark.BRIN juga berada di pilar riset dan edukasi bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.

Chusni menjelaskan, BRIN juga ikut mengelola kawasan cagar alam geologi di Karangsambung di bagian utara Geopark Kebumen.

BRIN punya sejarah riset panjang terkait dengan kawasan Karangsambung, Kebumen, dan sekitarnya yang dapat mendukung Geopark Kebumen menjadi UNESCO Global Geopark.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: