Absen Rapat Paripurna DPRD DKI, Zita Akui Pilates tapi Tetap Bertemu Warga

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 01 Agustus 2024 | 17:37 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Zita Anjani (Foto/Instagram/Zita Anjani)
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Zita Anjani (Foto/Instagram/Zita Anjani)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Zita Anjani buka suara soal absennya dia dalam rapat paripurna pada Senin (29/7/2024) lalu.

Zita mengakui, hari itu ia berolahraga pilates. Namun, ia berolahraga pada pukul 06.00 sampai dengan 08.00 WIB. Oleh karena itu, aktivitas yang dilakukannya belum tentu sama dengan unggahan di Instagram. 

"Saya kalau nggak salah posting jam 1 atau setengah 1 gitu ya. Kalau teman-teman lihat di medsos saya, kalau saya posting di jam segitu bukan berarti kegiatan saya di jam segitu," kata Zita kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (1/8/2024).

"Saya itu setiap hari olahraganya, setiap hari dan olahraga saya itu dua jam (dari) jam 6 pagi sampai jam 8. Bisa dicek di lapangan olahraga yang biasanya saya datangi, di Halim TNI AU. Kalau saya olahraga jam 1 siang itu enggak mungkin karena biasanya jam segitu sudah 2-3 agenda selesai. Ada rapat politik, ada saya ketemu konstituen, yang enggak semua saya publish," tambahnya.

Setelah olahraga itu, lanjut Zita, ia turun ke lapangan melakukan sosialisasi peraturan daerah (sosper). Sebab, klaim Zita, kala itu pimpinan DPRD mendapatkan tugas yang berbeda-beda. 

Adapun tugas yang dimaksud adalah melakukan sosper dan memimpin rapat paripurna.

"Di hari itu juga, mungkin teman-teman tahu kalau mengikuti rapat Bamus, bersamaan dengan kegiatan dewan, yaitu sosper. Kalau dilihat banyak anggota dewan yang tidak hadir itu bukannya leyeh-leyeh atau malas-malas, enggak, karena dewan itu punya tugasnya masing-masing," ujar Zita.

Selain itu, Zita menegaskan bahwa agenda rapat paripurna hari itu bukanlah soal pengambilan keputusan. Oleh karena itu, dimungkinkan hanya ada satu pimpinan yang hadir dalam rapat paripurna.

"Kalau rapat pandangan umum fraksi-fraksi itu memang diperbolehkan, memang sesuatu yang lumrah jika dipimpin hanya salah satu pimpinan," tegas Zita.

Lebih lanjut, Zita pun berujar bahwa ia tetap berada di Jakarta meskipun tak terlihat di lingkungan DPRD. Ia menegaskan, dirinya lebih mengutamakan bertemu dengan masyarakat.

"Kan kita tahu tugas dewan ada tiga kan, ada anggaran, ada legislasi, dan ketiga pengawasan. Kalau buat saya pribadi yang paling penting itu adalah tugas pengawasan, turun langsung ke masyarakat dan apa yang kita hasilkan kepada masyarakat di bawah atau konstituen," ucap Zita.

"Saya orangnya apa adanya seperti ini. Apa yang saya tampilkan, itulah saya. Tapi gak semua kegiatan saya tampilkan. Kalau saya suka pilates, memang saya suka. Kalo saya tenis, emang saya hobi tenis. Kalau saya buka jilbab ya memang saya buka jilbab. Gak ada satupun yang saya mau tutup-tutupin," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: