Ukraina Minta China Desak Rusia Akhiri Perang

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 02 Agustus 2024 | 05:00 WIB
Zelensky minta China desak Rusia akhiri perang (Foto/Wikimedia Commons)
Zelensky minta China desak Rusia akhiri perang (Foto/Wikimedia Commons)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengunjungi China beberapa hari lalu. Ia mencari titik temu dalam pembicaraan dengan Menlu Cina Wang Yi untuk mencari perdamaian antara Ukraina dan Rusia. 

Kuleba mengunjungi Cina usai diundang untuk berunding oleh Menlu China Wang Yi. Beijing terus mencari berbagai upaya guna mengakhiri perang di Ukraina. 

Kuleba sendiri merupakan pejabat Ukraina berpangkat tertinggi yang mengunjungi China, sejak Rusia melakukan agresi militer ke Ukraina.

Meski Menlu Ukraina sudah mengunjungi China, rupanya Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Kiev tidak ingin China jadi mediator dalam konflik Ukraina-Rusia.

Namun, kata Zelensky, Ukraina minta Beijing memberikan tekanan yang kuat kepada Moskow untuk segera mengakhiri perang Ukraina-Rusia.

Dikutip dari VOA, Zelensky mengatakan, Ukraina tetap mau memulihkan perbatasannya seperti era pasca-Sovietnya pada 1991. Namun di sisi lain Ukraina juga siap mempertimbangkan perundingan dengan Rusia.

“China bisa memaksa Rusia untuk menghentikan perang ini. Namun jujur, saya tidak mau China sebagai mediator. Saya ingin mereka menekan Rusia agar segera mengakhiri perang," tambah Zelenskiy.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: