Usung Dedi Mulyadi di Jabar, Golkar: Ridwan Kamil OTW Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 12:12 WIB
Politisi Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).
Politisi Golkar Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menguatkan sinyal Ridwan Kamil bakal menjadi calon gubernur Jakarta. Lodewijk membenarkan Dedi Mulyadi yang akan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon gubernur Jawa Barat.

"Ya itu yang kita, Pak Dedi di sana (Jabar) berarti OTW RK jadi bener. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya," kata Lodewijk kepada wartawan, dikutip Sabtu (3/8/2024).

Lodewijk enggan membeberkan kapan akan deklarasi bersama dalam mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jakarta. Ia mengatakan, yang pasti akan dibawa dalam pendaftaran tanggal 27 Agustus.

"Tanggal 27 Agustus sudah pengumuman, ya berarti udah pasti," katanya.

Untuk pendamping RK, Lodewijk belum bisa memastikan. Tetapi tidak mungkin memasangkan RK dengan Jusuf Hamka karena keduanya adalah kader Golkar.

Pihaknya masih menunggu usulan nama calon wakil gubernur. Masalah ini akan dibahas bersama-sama partai KIM.

"Kita masih nunggu, belum ada nama yang diusulkan. RK aja masih jalan dari Bandung. Setelah dia sampai baru kita ngomong," kata Lodewijk.

Sebelumnya, utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar bertemu dengan mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/8/2024) malam.

"Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Singgih dikutip dari Antaranews, Sabtu (3/8/2024).

Mengomentari pinangan tersebut, Dedi menyampaikan berterima kasih kepada jajaran pengurus Partai Golkar, terutama Ketum Airlangga Hartarto.

"Saya mengucapkan terima kasih ya buat Mas Singgih dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar, khususnya buat Ketua Umum DPP Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto bahwa utusannya sudah datang ke Jawa Barat untuk ajak ngomong serius masalah tunangan di Provinsi Jawa Barat," tutur dia.

Sebagai calon, Dedi juga mengaku akan meminta ridho dan persetujuan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk bertarung pada Pilkada Jabar.

Dedi mengatakan, dalam pertemuan tersebut ia juga mendapatkan beberapa pesan dari Airlangga melalui sambungan telepon untuk mempersiapkan diri.

"Pak Airlangga berpesan ke saya, jangan terlalu jauh kalau main dari luar rumah, jangan melewati Jawa Barat, harus berada di wilayah Jawa Barat. Kemudian nanti cari pasangan di Golkar yang sesuai dengan kriteria sebagai calon istri (wakil) yang baik," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: