Dorong Transformasi Digital, Bank DKI Hadir di FEKDI 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 04 Agustus 2024 | 13:30 WIB
Bank DKI Hadir di FEKDI 2024. (BeritaNasional/Doc. Bank DKI)
Bank DKI Hadir di FEKDI 2024. (BeritaNasional/Doc. Bank DKI)

BeritaNasional.com -  Bank DKI berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre pada 1-4 Agustus 2024.

Kehadiran Bank DKI dalam acara ini bertujuan untuk mendukung program inklusi keuangan digital.

"Partisipasi pada FEKDI 2024 merupakan bukti komitmen Bank DKI dalam mendukung percepatan digitalisasi sektor keuangan," kata Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, dalam keterangannya yang dikutip Minggu (4/7/2024).

Acara ini diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Perekonomian. Tema FEKDI kali ini adalah "Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusif untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan."

Agus berujar bahwa tema ini sejalan dengan arah kebijakan pemerintah untuk memperkuat stabilitas sistem pembayaran dan akselerasi lebih lanjut ekonomi dan keuangan digital nasional guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Sebagai BUMD, Bank DKI menjalankan peran sebagai kolaborator pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jakarta, melalui berbagai inovasi digital untuk memperluas aksesibilitas, menyediakan layanan keuangan yang lebih mudah diakses, dan lebih efisien bagi masyarakat," ujar Agus.

Senada dengan itu, Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, berharap bahwa FEKDI dapat memperluas jangkauan digitalisasi keuangan.

"Bank DKI juga berkomitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak guna memperluas ekosistem keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” ucap Amirul.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan bahwa pada kesempatan ini pihaknya memperkenalkan beberapa produk digital seperti aplikasi JakOne Mobile yang merupakan mobile banking sekaligus mobile wallet.

"JakOne dapat digunakan untuk transaksi perbankan, pembayaran berbagai tagihan dan belanja online, transaksi dengan scan QRIS, top up saldo uang elektronik, bersedekah dan berdonasi, pembayaran pajak dan retribusi," jelas Arie.

"Selain itu, JakOne juga dapat digunakan untuk pembukaan deposito dan rekening tabungan secara online, serta fitur mobile cash untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI maupun ATM bank lain yang bekerja sama, seperti BCA, BNI, dan berlogo Prima,” tambah Arie.

Tak hanya itu, Bank DKI juga menampilkan berbagai inisiatif yang mendukung UMKM dalam mengadopsi teknologi digital, di antaranya aplikasi JakOne Abank.

"Layanan ini memungkinkan UMKM memperoleh penghasilan tambahan dengan menjadi agen layanan keuangan Bank DKI," tandas Arie.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: