Hasto Tak Kunjung Dipanggil Ulang, KPK Tegaskan Kasus Harun Masiku dan DJKA Masih Berlangsung

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 06 Agustus 2024 | 13:45 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/Panji Septo)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat suara mengenai Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang belum juga dipanggil ulang oleh lembaga antirasuah.

Menurut Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, pemanggilan saksi bergantung pada kebutuhan penyidikan, baik dalam kasus suap Eks Caleg PDIP Harun Masiku maupun Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

"Kita tunggu saja jika penyidik memang membutuhkan keterangannya, nanti penyidik akan melakukan pemanggilan," ujar Tessa di Gedung Merah Putih, dikutip Selasa (6/8/2024).

Meski demikian, Tessa memastikan bahwa penyidikan kasus Harun Masiku dan korupsi DJKA masih berlangsung. Ia membantah bahwa kedua kasus tersebut dihentikan.

"Kalau untuk perkara, tidak ada yang berhenti dalam arti 'dipetieskan'," tuturnya.

Sebelumnya, Hasto mengaku siap memenuhi panggilan KPK sebagai saksi dalam perkara Harun Masiku. Namun, ia harus melaksanakan ujian program doktor dalam waktu dekat.

"Ya, siap semoga. Karena nanti saya direncanakan tanggal 4 Juli ada ujian program doktoral saya," kata Hasto.

Ia juga mengatakan akan ada ujian tertutup setelah itu dan berharap bisa menyelesaikan studinya pada Agustus. Dirinya lantas berharap bisa meluangkan waktu di sela-sela Juli agar bisa memenuhi panggilan KPK.

"Di sela-sela itu, tentu saja saya siap untuk menghadiri," ucapnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: