Pemerintahan Transisi Bangladesh Dipimpin Muhammad Yunus

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 07 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Yunus ditunjuk untuk memimpin Pemerintah Transisi Bangladesh (Foto/X Yunus Centre)
Yunus ditunjuk untuk memimpin Pemerintah Transisi Bangladesh (Foto/X Yunus Centre)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina sudah mengundurkan diri di tengah desakan mundur dari mahasiswa pengunjuk rasa. Ia meninggalkan Bangladesh dan lari ke India dengan pesawat terbang.

Keputusan Hasina diambil setelah kekerasan yang paling mematikan sejak negara Asia Selatan itu berdiri lebih dari lima dekade lalu menyebabkan jumlah korban terus meningkat.

Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker Us Zaman menyatakan, Hasina telah meninggalkan negara tersebut. Ia juga mengumumkan pemerintahan transisi.

Peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus ditunjuk untuk memimpin Pemerintah Transisi Bangladesh. Ini sesuai dengan pernyataan resmi dari kantor Presiden Mohammad Shahabuddin.

Para pemimpin mahasiswa yang unjuk rasa di Bangladesh menyatakan, mereka mau pemerintahan sementara yang dipimpin militer. Para mahasiswa meminta pemerintahan transisi dipimpin oleh Yunus.

Dikutip dari DW, Yunus sudah mengonfirmasi ia bersedia untuk menjadi penasihat pemerintahan sementara sebelum diumumkan sebagai Kepala Pemerintahan Interim.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: