Israel Kabari AS jika Mereka Dalang Pembunuhan Ismail Haniyeh

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 07 Agustus 2024 | 21:00 WIB
Ismail Haniyeh Pemimpin Hamas dibunuh Israel (Foto/Shafaq)
Ismail Haniyeh Pemimpin Hamas dibunuh Israel (Foto/Shafaq)

BeritaNasional.com - Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Ibu Kota Iran, Teheran oleh Israel membuat situasi di Timur Tengah makin panas. Pembunuhan Haniyeh juga membuatr konflik Israel-Palestina, Israel-Iran, dan Israel-Hizbullah semakin runcing.

Pembunuhan Haniyeh sangat membahayakan negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas untuk menghentikan perang di Gaza. Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut Israel sebagai dalang pembunuhan Haniyeh.

Iran juga bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel atas pembunuhan Haniyeh. Iran siap melakukan serangan balasan terhadap Israel. Hal ini membuat Israel ketakutan. Sampai saat ini Israel tidak memberikan komentar soal pembunuhan Haniyeh.

Namun menurut laporan Washington Post, Israel telah mengabari Pemerintah Amerika Serikat bahwa Israel telah mengeksekusi Pemimpin Hamas itu di Teheran.

"Meskipun Israel tidak berkomentar tentang pembunuhan Haniyeh, Israel memberi tahu pejabat AS bahwa mereka bertanggung jawab," kata laporan Washington Post.

AS marah besar atas pembunuhan Haniyeh. Namun mereka tak bisa berkomentar lebih. 

AS menilai pembunuhan Haniyeh jadi sabotase negoisasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Namun Presiden AS Joe Biden tetap berharap negosiasi gencatan senjata tetap dilakukan. Ia juga meminta Iran tidak membalas dendam kepada Israel.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: