Indosat Luncurkan Digital Intelligence Operations Center, Ini Kemampuannya

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 08 Agustus 2024 | 13:42 WIB
Berkolaborasi dengan Huawei, Indosat luncurkan Digital Intelligence Operations Center. (BeritaNasional/Doc. IOH)
Berkolaborasi dengan Huawei, Indosat luncurkan Digital Intelligence Operations Center. (BeritaNasional/Doc. IOH)

BeritaNasional.com -  Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) baru saja mencatatkan pencapaian penting dalam perjalanan transformasi digitalnya dengan meresmikan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

Fasilitas terbaru ini menandai langkah maju yang signifikan dalam komitmen Indosat untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) guna memberikan pelayanan yang optimal kepada lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia.

DIOC dirancang sebagai pusat operasi jaringan Indosat untuk memberikan wawasan waktu nyata dan manajemen layanan yang proaktif, menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC).

“Digital Intelligence Operations Center merupakan langkah besar dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis AI. Dengan DIOC, kami tidak hanya meningkatkan performa jaringan tetapi juga mengubah cara kami melayani pelanggan," kata Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO PT Indosat Tbk (Indosat/Indosat Ooredoo Hutchison/IOH)

Kombinasi teknologi mutakhir dan pengembangan talenta ini akan menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan.

"Kolaborasi ini adalah kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital,” lanjutnya.

Secara kemampuan, keunggulan DIOC terletak pada kemampuannya untuk menyediakan Real-time Network Insights, yang memungkinkan Indosat beralih dari pendekatan reaktif ke manajemen layanan yang proaktif menggunakan data waktu nyata untuk mengoptimalkan performa jaringan.

DIOC juga menawarkan End-to-End Service Management, yang mencakup kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, mempercepat penyelesaian masalah pelanggan. Integrasi analisis data dan teknologi canggih di DIOC mendukung inovasi berbasis data yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih berorientasi pada pelanggan dan memimpin dalam inovasi layanan digital.

Indosat telah membuat kemajuan signifikan dalam transformasi digitalnya, dalam kolaborasi dengan Huawei melalui pusat layanan dan operasi yang terkelola, Indosat berhasil melakukan konsolidasi jaringan yang fokus pada pengalaman pengguna dan meningkatkan kualitas jaringan secara keseluruhan.

Pengujian oleh pihak ketiga menunjukkan peningkatan signifikan dalam kecepatan unduh di daerah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan kenaikan tahunan (YoY) masing-masing sebesar 44,1%, 43,5%, dan 43,9%. Hal ini berdampak positif pada kepuasan pelanggan dan kinerja jaringan. Indosat juga berhasil meningkatkan cakupan populasi hingga 12,7 juta penduduk.

Strategi transformasi jaringan dan adopsi teknologi mutakhir yang didukung oleh kolaborasi dengan mitra global adalah kunci untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Indosat dan Huawei terus memperdalam kerjasama mereka dengan fokus pada infrastruktur jaringan, operasi, dan pengembangan talenta.

Indosat juga berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kolaboratif dengan organisasi internasional seperti TM Forum untuk mendorong inovasi dan mengeksplorasi kasus penggunaan baru bersama pemimpin industri global lainnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: