Tarik Dukungan Anies, PKS Akan Umumkan Dukungan Cagub Jakarta Akhir Pekan Ini

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 12:34 WIB
Bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Bakal calon gubernur Jakarta Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Sekretaris Tim Seleksi Calon Kepala Daerah DPP PKS Zainudin Paru mengungkap, PKS akan mengumumkan calon gubernur Jakarta yang akan diusung pada akhir pekan ini. Setelah PKS menarik dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta.

"Kemungkinan dalam waktu satu dua hari ke depan sudah ada kepastian calon Gubernur DKJ yang akan diusung oleh PKS," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8/2024).

PKS menarik dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Karena Anies tidak berhasil mengantongi tiket pencapresan.

PKB memberikan tenggat waktu 4 Agustus 2024 supaya Anies menggenapkan syarat kursi 20 persen. Tetapi mantan gubernur Jakarta itu gagal mendapatkan tambahan dukungan partai politik lain untuk mengamankan kursi pencalonan di Pilkada Jakarta 2024.

"Anies dan Sohibul Iman (AMAN) kemungkinan gagal jadi Cagub/Cawagub DKJ. Dengan telah lewatnya tenggat waktu 4 Agustus 2024 bagi Anies untuk mendapatkan partai koalisi," ujar Zainudin.

Sementara itu, PKS kemungkinan akan berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). PKS tengah membuka komunikasi dengan KIM. 

Salah satu opsi yang dimiliki PKS adalah mencalonkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama KIM dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah membangun komunikasi politik dengan KIM di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji oleh pimpinan PKS," ujar Jubir PKS Muhammad Kholid.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: