Kabar Baik! Jokowi Siapkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali di Olimpiade 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 09 Agustus 2024 | 14:24 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan menyiapkan bonus untuk para atlet yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Kata Jokowi, saat ini bonus masih dibicarakan terlebih dahulu.

“Iya saya juga kan baru apa tahu di subuh tadi. Nanti dibicarakan yang jelas pasti ada bonus,” ujar Jokowi di JCC, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Tak memungkiri, Jokowi merasa bahagia atas prestasi yang ditorehkan oleh para atlet di Olimpiade 2024. Apalagi, peroleh medali di pesta olahraga dunia itu Indonesia sudah mengantongi dua medali emas.

Adapun dua medali emas Indonesia dipersembahkan oleh atlet panjang tebing Veddriq Leonardo dan atlet angkat besi Rizki Juliansyah.

“Ya, saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi. Dan juga masyarakat saya kira senang semuanya terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing," ungkap Jokowi. 

"Dan juga baru saja Rizki Juliansyah juga di angkat besi, saya kira negara mengapresiasi, rakyat sangat mengapresiasi terhadap capaian emas itu," imbunya.

Klasemen Olimpiade Paris 2024 mengalami perubahan hingga Jumat (9/8/2024) pagi WIB. Bahkan, Indonesia melesat naik dari urutan ke-42 menuju posisi ke-28 dengan torehan dua medali emas.

Diketahui, pada hari Kamis (8/8/2024) hingga Jumat (9/8/2024) pagi Indonesia berhasil menyabet dua medali emas.

Emas pertama disumbangkan oleh Veddriq Leonardo lewat cabang olahraga panjat tebing speed putra. Ia mampu mengalahkan atlet asal China, Wu Peng di partai final dengan torehan waktu 4,75 detik.

Karena Veddriq berhasil memberikan emas pertama bagi Indonesia, posisi Merah Putih naik ke peringkat 42, setelah sebelumnya berada di posisi ke-72.

Tak sampai disitu, medali emas juga berhasil dipersembahkan lewat Rizki Juniansyah di cabang olahraga angkat besi nomor 73 kg putra.

Rizki berhasil menyelesaikan laga dengan total angkatan seberat 354 kg, setelah sukses mengangkat beban 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg.

Hal yang menjadi luar biasa karena angkatan clean and jerk 199 kg milik Rizki menjadi rekor baru di Olimpiade. Sebelumnya rekor dipegang oleh lifter asal China, Shi Zhiyong dengan angkatan clean and jerk 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.

Keberhasilan Rizki meraih medali emas kedua untuk Indonesia membuat posisi kontingen tim Merah Putih melesat naik dari urutan ke-42 ke peringkat ke-28.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: