Cak Imin Temui Prabowo, PKB Ungkap Sepakat Bersinergi di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 09 Agustus 2024 | 18:00 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat akan bertemu dengan Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Ahda)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat akan bertemu dengan Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertemu dengan Ketua Umum Gerindra dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada Kamis (8/8/2024).

Pada pertemuan itu, PKB dan Gerindra sepakat untuk berkolaborasi. Salah satunya mengenai Pilkada 2024.

"Semalam ada kesepahaman bahwa PKB berkolaborasi, bersinergi dengan Gerindra," ungkap Waketum PKB Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Jazilul mengatakan sinergi PKB dan Gerindra itu dimulai dari momen-momen politik seperti pilkada. PKB dan Gerindra membuka kerja sama di pemilihan gubernur di provinsi strategis, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur.

"Hanya, yang menjadi perhatian publik utamanya di tingkat gubernur atau provinsi di Jawa. Sudah kami buktikan di Banten, PKB bersama Gerindra nanti bisa menyusul di DKI, bisa menyusul di Jawa Barat, bisa menyusul di Jateng, bisa menyusul di Jatim," kata Jazilul.

Khusus di Jakarta, PKB mengakui ada peluang untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur. Teknisnya akan dibicarakan belakangan.

"Lah, itu dimungkinkan karena ada payungnya. Nah, teknisnya nanti dibicarakan karena apa? DPW DKI juga punya hak memberi masukan," tutur Jazilul.

Namun, PKB akan membahasnya di internal lebih dahulu melalui desk pilkada.

"Semuanya dibicarakan. Ada pertimbangan-pertimbangan dan proses dari cabang-cabang dan desk pilkada. Semua didengarkan dulu prosesnya," ungkap Jazilul.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: