MV3-Maung Tangguh, Mobil yang Dipakai saat Prosesi Kirab Bendera Merah Putih

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 14:15 WIB
Prosesi kirab bendera memakai kendaraan MV3-Maung Tangguh melintas di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Berita Nasional.com/okeatmaja)
Prosesi kirab bendera memakai kendaraan MV3-Maung Tangguh melintas di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Berita Nasional.com/okeatmaja)

BeritaNasional.com - Ada yang menarik perhatian masyarakat kala prosesi kirab bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berlangsung pada Sabtu (10/8/2024) pagi dari Monas ke IKN.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi ini dibawa oleh Paskibraka dengan tunggangan khusus bernama Kendaraan Operasional (Ranops) MV3-Maung Tangguh buatan PT Pindad.

MV3-Maung Tangguh merupakan kendaraan kebanggaan produksi PT Pindad yang ditenagai mesin turbo diesel 2.200 cc.

Kendaraan ini mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

MV3-Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses, yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang.

Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya, yakni MV3-Maung Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan MV3 - Maung Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.

Selain itu, satu unit tambahan MV3-Maung Komando juga disiagakan di bagian belakang rangkaian kendaraan sebagai antisipasi jika terjadi hujan selama perjalanan dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan prosesi berjalan lancar dan sesuai rencana.

Rangkaian kirab di Jakarta dimulai dari Monas, kemudian melintasi Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Soebroto, dan Cawang sebelum akhirnya menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Dari sana, bendera dan teks proklamasi diterbangkan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

Setelah tiba di Balikpapan, duplikat bendera dan teks proklamasi tersebut dibawa menggunakan kendaraan Maung menuju IKN.

Diketahui, MV3-Maung diresmikan oleh Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Direktur Utama PT Pindad Abraham mose pada Rapim Kemhan 2023.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: